LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI
WILAYAH V YOGYAKARTA
Jalan Tentara Pelajar Nomor 13 Yogyakarta
IKUTI KAMI
Artikel local_library Administrator visibility 39 kali
3 Manfaat Pertanyaan Untuk Persiapan dan Penyampaian Presentasi Bagi Anda
10 Mei
2021
Senin,10 Mei 2021

Kemampuan untuk mempersiapkan dan mempresentasikan ide-ide Anda dengan cara yang jelas, percaya diri, dan otentik dapat membuat perbedaan besar dalam kesuksesan bisnis dan pribadi Anda. Namun, banyak orang yang cemas dalam melakukan presentasi yang efektif.

Dari semua alat yang dapat digunakan oleh presenter untuk membuat presentasi yang efektif, maka pertanyaan adalah alat yang sangat berguna.

Pertanyaan yang digunakan dalam waktu yang tepat dapat menyelesaikan berbagai tugas komunikasi mulai dari membangun keterlibatan dengan audiens Anda hingga menenangkan kecemasan saat Anda berbicara.

Manfaatkanlah pertanyaan. Dan Anda bisa menjadi presenter yang lebih menarik dan percaya diri.

Ada 3 manfaat pertanyaan untuk persiapan dan penyampaian presentasi yang dapat Anda peroleh.

Mari kita bahas satu per satu.

Manfaat # 1 : Alat Untuk Menyiapkan Pesan Presentasi

Menggunakan pertanyaan dalam perencanaan presentasi akan membantu Anda menyusun isi atau pesan presentasi Anda dan bahkan meningkatkan penyampaian presentasi Anda.

Untuk menyusun isi presentasi tentu Anda perlu mengetahui apa yang diinginkan oleh audiens Anda.

Maka, Anda dapat menanyakan pada diri Anda sebuah pertanyaan, “Apa yang ingin didengar oleh audiens dari saya ?”

Alih-alih melihat presentasi sebagai sebuah pertunjukan, maka anggaplah presentasi itu sebagai sebuah layanan untuk memenuhi kebutuhan audiens Anda. Hal ini akan mengalihkan perhatian dari Anda kepada audiens Anda.

Cara yang paling berguna untuk fokus pada audiens Anda adalah memulai dengan menanyakan pertanyaan sederhana kepada diri sendiri: “Apa yang perlu didengar audiens dari saya?”

Hal itu tidak hanya membantu Anda menyesuaikan pesan Anda dengan audiens Anda, tetapi juga mengingatkan Anda bahwa merekalah yang menjadi sorotan. Jadi, kegunaan pertanyaan merupakan pedoman bagi Anda saat Anda mempersiapkan presentasi Anda.

Selain itu, pertanyaan dapat Anda gunakan sebagai petunjuk untuk apa yang ingin Anda katakan. Misalnya, topik presentasi Anda tentang memberikan pinjaman kepada orang yang tidak mampu. Untuk membuat isi presentasi Anda, maka Anda dapat mengajukan tiga pertanyaan yang jawabannya menjadi pesan/isi dari presentasi Anda, yaitu :

  1. Mengapa Anda perlu memberikan pinjaman kepada orang yang tidak mampu ?
  2. Apa organisasi yang dapat membantu Anda memberikan pinjaman kepada orang yang tidak mampu ?
  3. Bagaimana Anda dapat memberikan pinjaman kepada orang yang tidak mampu ?

Dengan menggunakan pertanyaan dalam menyusun pesan/isi presentasi Anda, maka ada dua hal yang dapat Anda peroleh.

Pertama, penggunaan pertanyaan memungkinkan Anda untuk merasa lebih percaya diri karena Anda tahu jawaban atas pertanyaan Anda. Dan, Anda tidak perlu lagi khawatir karena Anda tahu harus berkata apa.

Kedua, Anda akan lebih komunikatif, karena Anda hanya menjawab pertanyaan yang sudah Anda siapkan jawabannya dan penyampaian percakapan sering kali lebih diingat oleh audiens.

Manfaat # 2 : Alat Untuk Melibatkan Audiens Anda

Hubungan dengan audiens adalah karakteristik utama yang membedakan presenter yang berkesan dari presenter yang biasa. Apakah audiens berpartisipasi dengan pembicara atau hanya mendengarkan pembicara ?

Pertanyaan memberikan cara yang bagus untuk mendorong keterlibatan audiens Anda.

Pertanyaan pada dasarnya bersifat dialogis. Keduanya bersifat dua arah. Anda bertanya dan audiens Anda merespons.

Ada tiga jenis pertanyaan yang dapat Anda gunakan untuk menarik perhatian audiens Anda, yaitu :

1.Pertanyaan retoris untuk membangun intrik. Mengajukan pertanyaan kepada audiens tentang sebuah efek, bukan pertanyaan yang Anda harapkan akan mereka jawab, akan mendorong mereka untuk memikirkan masalah tersebut.

Contoh: “Apakah Anda percaya bahwa perusahaan membuat robot lebah madu untuk menyerbuki tanaman di tempat dimana lebah sedang sekarat ?”

2. Pertanyaan polling membuat audiens menjadi bagian dari point Anda. Ketika meminta audiens Anda untuk menanggapi pertanyaan Anda, maka pastikan untuk memberi isyarat bagaimana Anda ingin mereka melakukannya, misalnya, model mengangkat tangan Anda saat Anda mengajukan pertanyaan Anda. 

Contoh: “Berapa banyak dari Anda yang pernah disengat lebah madu?”

3. Pertanyaan “Bagaimana jika ?”. Tanyakan tentang kemungkinan masa depan atau masa lalu sejarah dan seperti pertanyaan retoris, Anda mungkin tidak mengharapkan respons literal, tetapi Anda pasti memfokuskan perhatian audiens pada periode waktu yang Anda gambarkan.

Contoh: “Bagaimana jika semua tanaman diserbuki oleh robot lebah madu ?” Atau, “Bagaimana jika ilmu pengetahuan modern memungkinkan sayuran hasil rekayasa genetika menghasilkan lebih banyak panen?”

Manfaat # 3 : Alat Untuk Mengingatkan Pesan Presentasi Ketika Anda Blank

Apakah Anda pernah berada di tengah-tengah presentasi yang berjalan dengan baik dan tiba-tiba pikiran Anda benar-benar kosong tentang bagian selanjutnya dari presentasi Anda ?

Saat Anda berdiri disana dan mencoba mengingat apa yang akan Anda katakan selanjutnya, Anda dapat merasakan keheningan dan kecanggungan muncul di dalam ruangan.

Perasaan tersebut benar-benar mengerikan.

Bahkan, persiapan yang baik pun tidak menjamin bahwa Anda tidak akan melupakan point yang hendak Anda sampaikan.

Untuk mengingat point yang hendak Anda sampaikan selanjutnya, maka Anda dapat mengajukan pertanyaan kepada audiens Anda.

Misalnya, “Apa yang tampaknya yang menjadi point terpenting dari yang kita bicarakan dari presentasi hari ini ?”

Sebuah pertanyaan memungkinkan Anda untuk mengumpulkan pikiran Anda dan meningkatkan kepercayaan diri Anda karena Anda tahu jawabannya. Memberikan jawaban itu akan membuat Anda kembali ke alur pembicaraan Anda.

Demikianlah, 3 manfaat pertanyaan untuk persiapan dan penyampaian presentasi bagi Anda.

Pertama, alat untuk menyiapkan pesan presentasi.

Kedua, alat untuk melibatkan audiens Anda.

Ketiga, alat untuk mengingatkan pesan presentasi ketika Anda blank.

Saat Anda menghadapi persiapan dan penyampaian presentasi yang berikutnya, maka pertimbangkan untuk menggunakan alat komunikasi, yaitu : pertanyaan. Untuk hampir semua tugas yang perlu Anda lakukan dalam presentasi, maka penggunaan pertanyaan dapat menghasilkan manfaat bagi Anda dan audiens Anda.

Sumber: https://erry-ricardo.com