Agroteknologi UMBY Kembangkan Kemitraan dengan Instansi-Instansi di Jawa Timur

Program Studi Agroteknologi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) melaksanakan pengembangan kemitraan dengan berbagai instansi yang secara khusus bergerak dalam bidang pertanian di Malang, Jawa Timur. Pengembangan kerja sama direalisasikan dengan penandatanganan MoU antara Agroteknologi, UMBY dengan Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Batu Urban Farming (BUF), Balai Pengujian Standar Instrumen Tanaman Aneka Kacang (BSIP Aneka Kacang) dan CV. Borneo Seed Indonesia. Serangkaian kegiatan ini dilaksanakn pada Selasa, 23 Januari 2024 dengan dihadiri oleh Dr. Ir. Dian Astriani, S.P.,M.P selaku Ketua Prodi Agroteknologi UMBY beserta Ir. Wafit Dinarto, M.Si, MCE, Dr.Ir. Warmanti Mildaryani, M.P. dan Ir. Reo Sambodo, S.P.,M.M.A. selaku dosen Agroteknologi serta Kris Winarsih Adisafitri, S.P selaku laboran Laboratorium Proteksi Tanaman Prodi Agroteknologi UMBY.

Dalam agenda MoU dengan Batu Urban Farming (BUF), di Kota Batu, Jawa Timur, ditanda tangani langsung oleh Owner BUF, Moh. Nurkholis. Selain itu juga dilakukan serah terima mahasiswa yang menempuh mata kuliah Praktek Kerja Lapang (PKL) di BUF sebagai wujud nyata tindak lanjut pelaksanaan MoU antara kedua instansi. Mahasiswa Agroteknologi yang mengikuti magang yaitu Eugenie Fahik, Flaviana Mau Gili dan Yunita Sawi Bay diserah terimakan oleh Dr. Ir. Dian Astriani, S.P.,M.P selaku Kaprodi Agroteknologi UMBY.

“BUF memiliki komitmen dalam mengembangkan Pertanian Urban khususnya hidroponik. BUF juga melaksanakan pengembangan pertanian dalam jalur pendidikan yaitu dengan membuka berbagai pelatihan serta menerima mahasiswa untuk melaksanakan praktek kerja,” ujar Moh. Nurkholis.

Agroteknologi UMBY juga melaksanakan penandatanganan MoU dengan Balai Pengujian Standar Instrumen Tanaman Aneka Kacang (BSIP Aneka Kacang), Malang, Jawa Timur. Dalam Agenda tersebut, MoU ditandatangani oleh Dr. Ir. Titik Sundari, M.P. selaku pimpinan BSIP Aneka Kacang, sekaligus serah terima mahasiswa PKL UMBY. Adapun mahasiswa yang diterjunkan adalah Enjelora Uri Palinggi, Citra Gian Melati dan Masri Sianipar.    

“Dengan melaksanakan PKL di BSIP Aneka Kacang, diharapkan mahasiswa semakin memahami terkait berbagai pengujian mutu produk hasil pertanian yang dilakukan oleh BSP,” ujar Dr. Ir. Titik Sundari, M.P.

Selanjutnya, sebagai upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di bidang perbenihan, Agroteknologi UMBY juga melaksanakan penandatanganan MoU dengan CV Borneo Seed Indonesia, Desa Pondok Agung, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang. CV. Borneo Seed Indonesia merupakan perusahan yang bergerak dalam bidang pemuliaan dan produksi benih aneka komoditas. Agenda ini sekaligus menerjunkan 2 mahasiswa PKL yaitu Nurdilani dan Amelliya Sulfana yang akan fokus mempelajari produksi benih tanaman hortikultura di CV. Borneo Seed Indonesia.

“CV. Borneo Seed Indonesia konsen memajukan pertanian Indonesia dengan turut serta menyediakan tempat bagi mahasiswa yang akan belajar terkait perbenihan melalui pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan,” ungkap Endri Budianto selaku perwakilan CV. Borneo Seed Indonesia.

Ir. Reo Sambodo, S.P.,M.M.A. selaku sekretaris Program Studi Agroteknologi UMBY mengungkapkan bahwa kerja sama antara dunia pendidikan dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) diperlukan dalam upaya menyelaraskan keilmuan dengan kebutuhan tenaga kerja khususnya di bidang pertanian. Ia juga berharap mahasiswa PKL memperoleh pengalaman praktek mandiri yang nantinya akan berguna untuk pengembangan profesinya sebelum melakukan Tugas Akhir.

“Mata Kuliah Praktek Kerja Lapangan merupakan salah satu Mata Kuliah Wajib dengan bobot 3 SKS. Tujuannya yaitu untuk menerapkan, membandingkan dan menelaah ilmu pengetahuan yang didapat selama perkuliahan serta dilatih menyesuaikan diri dengan kondisi di Lapangan. Mahasiswa diharapkan memperoleh pengalaman praktek mandiri yang nantinya akan berguna untuk pengembangan profesinya sebelum melakukan Tugas Akhir,” pungkas Ir. Reo.

 


BAGIKAN