LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI
WILAYAH V YOGYAKARTA
Jalan Tentara Pelajar Nomor 13 Yogyakarta
IKUTI KAMI
Melawan Covid-19 local_library Universitas Ahmad Dahlan visibility 42 kali
Andil UAD di Masa Pandemi Covid-19
16 Jul
2021
Jumat,16 Juli 2021

Pandemi Coronavirus Diseases 2019 (Covid-19) yang bergulir sejak awal Maret 2020 hingga saat ini tak kunjung selesai. Berbagai usaha pemerintah seperti Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), hingga vaksinasi Covid-19 terus gencar dilakukan. Upaya tersebut dilakukan guna menekan angka penularan Covid-19.

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) sebagai institusi pendidikan turut serta dalam penanganan Covid-19. Dr. Muchlas, M.T. selaku Rektor UAD menuturkan UAD turut andil dengan membentuk Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 di internal UAD. “Tugas utama dibentuknya Satgas Covid-19 UAD ialah memastikan seluruh civitas akademika terhindar dari Covid-19, melakukan berbagai upaya pencegahan, serta memberikan edukasi bagi civitas akademika jika terindikasi dan terkena virus tersebut,” paparnya.

Sejak awal pandemi, UAD memberlakukan proses belajar mengajar secara daring. Hal tersebut dilakukan sesuai dengan keputusan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi agar tidak menciptakan klaster baru di kampus.

“Satu tahun lebih kita berdampingan dengan Covid-19. Banyak limpahan rahmat di balik wabah yang hadir di muka bumi ini. Alhamdulillah dengan ikhtiar dan doa tentu kita bisa melewati fase ini,” ungkap Muchlas saat memberikan sambutan di acara UAD Bermunajat yang disiarkan secara langsung di kanal YouTube UAD pada Selasa, 13 Juli 2021.

Muchlas menambahkan, UAD Bermunajat menjadi salah satu upaya yang dilakukan UAD agar wabah segera selesai. Ucapan syukur atas segala rahmat dan karunia yang Allah berikan tak lupa dipanjatkan keluarga besar UAD bersama Ustaz K.H. Faturrahman Kamal, Lc., M.S.I. selaku Badan Pengurus Harian (BPH) UAD.

“Selama masa pandemi, UAD telah melakukan berbagai upaya dalam membantu penanganan Covid-19 antara lain dengan melakukan vaksinasiasi bagi 1.800 dosen, karyawan, dan anggota keluarga tenaga kependidikan. Membuat shelter Covid-19 bagi civitas akademika UAD maupun warga sekitar guna isolasi mandiri, serta tak lupa kami bermunajat dengan berdoa bersama agar wabah segera selesai dan ucapan syukur atas segala nikmat Allah Swt.,” pungkasnya. (Chk)