Bersepeda Bersama Jadi Cara UMY Kampanyekan Gaya Hidup Sehat Dalam Milad ke-43

Sebagai salah satu perguruan tinggi yang mengusung konsep “Kampus Hijau” dan keberlangsungan lingkungan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) sangat mengutamakan penggunaan kendaraan bebas emisi karbon seperti bersepeda. Kegiatan bersepeda bersama yang dilakukan oleh kalangan civitas akademika UMY-pun turut menjadi agenda spesial dalam rangkaian acara Milad UMY ke-43 sekaligus menjadi bentuk kampanye UMY sebagai gaya hidup sehat dan pengurangan emisi karbon dengan mengusung tema “Reduce Your Carbon Footprint Today!”. Agenda bersepeda ini dilaksanakan pada Minggu (25/2) dan diikuti oleh sekitar 150 peserta dengan menempuh rute mulai dari kampus terpadu UMY menuju Bangunjiwo, dilanjutkan menuju Bibis lalu ke arah Karangjati hingga kembali ke UMY sehingga total perjalanan adalah sekitar 13 kilometer.

Wafiyulloh Mubarrok selaku koordinator dari kegiatan ini menilai bahwa bersepeda menjadi cara UMY dalam menunjang program UMY Sehat, dimana salah satu kampanye yang diangkat adalah Carbon Footprint Reduction Campaign (CFRC). Selain berdampak baik terhadap lingkungan, menurutnya bersepeda juga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

“Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan nyata dari UMY terhadap keberlangsungan lingkungan yang berkelanjutan, yang dapat tercapai salah satunya melalui pengurangan emisi karbon. Ini selaras dengan tujuan dari program UMY Sehat, yang tidak hanya menciptakan lingkungan menjadi lebih sehat namun juga meningkatkan kualitas kesehatan dari seluruh civitas academica UMY dan seluruh keluarga besar yang terlibat,” ujar Wafiyulloh.

Sebagai rangkaian dari acara Milad UMY ke-43, agenda bersepeda bersama juga diisi dengan pembagian hadiah doorprize berupa alat perlengkapan sepeda seperti helm, sarung tangan, hingga unit sepeda. Seluruh rangkaian acara Milad UMY ke-43 yang diketuai oleh Dr. Dimas Bagus Wiranatakusuma, S.E., M.Ec. akan mencapai puncaknya pada acara Family Day UMY yang akan digelar pada Minggu, 3 Maret 2024. Mewakili Dimas, Cahyo Wisnu Rubiyanto, S.P., M.App.Sc., Ph.D. selaku ketua Family Day UMY mengatakan jika antusiasme dari para peserta sangat tinggi dalam mengikuti agenda bersepeda bersama.

“Apresiasi yang tinggi diberikan kepada seluruh peserta karena telah antusias mengikuti agenda ini. Harapannya, seluruh civitas academica UMY baik dosen maupun mahasiswa dapat benar-benar menerapkan apa yang sudah menjadi ciri khas dari UMY yaitu Kampus Hijau dengan semakin aktif bersepeda dalam kegiatan sehari-hari,” pungkas Cahyo. (ID)


BAGIKAN