Bimawa UAD Bekali Dahlan Muda dengan Manajemen Karier

Career Development Center (CDC) Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) kembali menggelar talkshow daring pada 17 April 2024. Kegiatan bertajuk “Embracing the Unknown: Coping Strategies for Dealing with Career Indecision” ini disiarkan langsung melalui YouTube sehingga bisa diakses terbuka oleh publik.

Pada kesempatan tersebut, Siti Aminah, M.Pd. didapuk sebagai narasumber. Ia merupakan mahasiswa doktoral Program Studi Bimbingan dan Konseling di Universitas Negeri Malang. Ia menyampaikan beberapa hal tentang strategi menghadapi sebuah “keraguan” dalam berkarier terutama bagi Dahlan Muda. Sebagai mahasiswa, talkshow ini dapat menjadi bekal sebelum terjun langsung ke dunia pekerjaan yang mungkin saja berbeda dengan latar belakang pendidikan yang telah ditempuh bertahun-tahun lamanya.

“Sebenarnya, setiap hari kita selalu melakukan decision making (pengambilan keputusan) pada hal-hal sederhana, misalnya memilih warna jilbab atau pakaian untuk pergi ke mal. Sebelum menentukan pilihan, tentu kita harus melewati berbagai pertimbangan. Perlu dipahami bahwa pengambilan keputusan bukan sesuatu yang instan, tetapi dipengaruhi oleh aktivitas yang kita lakukan sebelumnya,” terang Siti.

Ia melanjutkan, “Terdapat beberapa permasalahan dalam proses pemilihan karier, mulai dari kesalahan dalam pengambilan keputusan, ragu-ragu, dan adaptabilitas karier yang rendah. Sebuah survei melaporkan bahwa lebih dari 50% responden (pekerja) menyesal atas karier yang dipilih. Kesalahan ini kemudian berdampak pada kepuasan kerja yang tidak tercapai. Dari sini, dampaknya berlanjut pada penurunan kinerja dan berakhir pada anxiety. Dalam hal ini, mahasiswa perlu menyiapkan plan lebih awal agar bisa terarah dengan jelas karier apa yang akan dipilih,” pungkasnya. (ish)

uad.ac.id


BAGIKAN