Bimbingan Teknis Akreditasi Program Studi

Sleman – Akreditasi program studi menjadi penting karena merupakan cerminan mutu dari suatu program studi. Berdasarkan Undang – undang Nomor 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi, akreditasi merupakan kegiatan penilaian sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan dilakukan untuk menentukan kelayakan Program Studi dan Perguruan Tinggi atas dasar kriteria yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Dalam rangka memfasilitasi perguruan tinggi yang di fokuskan pada akreditasi prodi, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah V kembali menyelenggarakan Bimbingan Teknis. Bimbingan Teknis kali ini menyasar pada program studi yang sedang dalam proses Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi (PEPA) serta prodi dengan akreditasi yang akan kadaluarsa pada tahun 2023 dan 2024.

Bimbingan teknis akreditasi program studi diselenggarakan di Hotel Indoluxe pada hari Kamis 27 Oktober 2022 dengan jumlah peserta sebanyak 87 orang dari 75 prodi dan 36 perguruan tinggi. Terlihat animo peserta yang tampak sangat antusias karena bimbingan teknis kali ini dikemas cukup berbeda. LLDikti Wilayah V menghadirkan 2 narasumber dan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi; Prof. Agus Setyo Muntohar, Ph.D. (Anggota Dewan Eksekutif Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) dan Merio Hengki, M.Kom (Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO) Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) .

“Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah V selalu mendorong perguruan tinggi untuk menetapkan standar sendiri yang melebihi standar mutu minimal yang ditetapkan oleh Menteri. Semakin tinggi dan melampaui standar minimal, maka akan semakin baik. Oleh karena itu Akreditasi menjadi penting bagi program studi.” kata Prof. drh. Aris Junaidi, Ph.D dalam sambutannya.

Pada sesi I Prof. Agus muntohar, Ph.D. menyampaikan penjelasan atas Peraturan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor 22 Tahun 2022 tentang Instrumen Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi Program Studi dan pada sesi II Merio Hengki, M.Kom menjelaskan tentang Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO) yang dikembangkan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas proses akreditasi perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

Diharapkan setelah bimtek perguruan tinggi dapat terus meningkatkan mutu melalui peningkatan peringkat akreditasi program studinya dan tidak ada lagi program studi dengan satatus tidak memenuhi syarat peringkat (TMSP) di Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Unduh Materi:

1. Prof. Agus Setyo Muntohar, Ph.D.

2. Merio Hengki, M. Kom.


BAGIKAN