LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI
WILAYAH V YOGYAKARTA
Jalan Tentara Pelajar Nomor 13 Yogyakarta
IKUTI KAMI
Berita LLDIKTI V local_library Admin LLDIKTI visibility 356 kali
BIMBINGAN TEKNIS APLIKASI DAN SISTEM INFORMASI PAK ONLINE
07 Jun
2021
Senin,07 Juni 2021

Pada Kamis, 3 Juni 2021 telah dilaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Aplikasi PAK Online Tahap VI di LLDikti Wilayah V Yogyakarta. Kegiatan ini dihadiri oleh tiga perwakilan dari 16 PTS di Yogyakarta, yang terdiri dari unsur pimpinan, dosen, dan operator. Sebelumnya, LLDikti Wilayah V juga telah menyelenggarakan Bimbingan Teknis Tahap I - V, yaitu Tahap  I tanggal 4 Mei 2021, Tahap  II tanggal 6 Mei 2021, Tahap  III tanggal 18 Mei 2021, Tahap  IV tanggal 20 Mei 2021, dan Tahap  V tanggal 2 Juni 2021, di mana pada setiap tahapan dihadiri oleh 17 PTS.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Didi Achjari, S.E., M.Com., Akt., Kepala LLDikti Wilayah V menyampaikan bahwa urusan kenaikan jabatan fungsional dosen adalah urusan banyak pihak, bukan hanya urusan admin perguruan tinggi. Admin perguruan tinggi merupakan pelaksana. Oleh karena itu, Bimtek Aplikasi PAK Online ini juga mengundang Pimpinan Perguruan Tinggi dan perwakilan dosen agar semua pihak yang terkait dapat mengenal dan tahu tentang adanya Aplikasi PAK Online. Kondisi PTS di Jogja ini beragam, ada perguruan tinggi yang sudah maju dalam penggunaan sistem informasi, namun ada juga yang belum. Ada perguruan tinggi yang memiliki Tim PAK sendiri, tetapi masih ada juga perguruan tinggi yang belum memiliki. Hal ini mengakibatkan usulan yang masuk ke LLDikti juga bermacam-macam kondisinya, sehingga memerlukan treatment yang berbeda-beda pula. Oleh karena itu LLDikti Wilayah V tergerak untuk membuat Aplikasi PAK Online sehingga perguruan tinggi bisa dilayani secara setara, semua mendapatkan proses layanan yang sama. Dengan aplikasi ini diharapkan akan mengurangi asimetri informasi. Dengan aplikasi ini semua usulan bisa terpantau, kapan dosen mengusulkan, kapan admin memproses, dan seterusnya. Dan juga apabila ada penolakan juga jelas, di aplikasi akan muncul sebab/alasan mengapa ditolak. Atau jika ada hambatan proses bisa diketahui di mana hambatannya, apakah di admin perguruan tinggi ataukah di LLDikti?” jelasnya.

Dengan adanya sistem Aplikasi PAK Online ini juga diharapkan agar masalah-masalah dalam pengelolaan penilaian angka kredit ajuan kenaikan jabatan akademik dosen bisa segera teratasi, sehingga peningkatan jenjang karir dosen akan lebih lancar.

Adapun materi Bimtek Aplikasi PAK Online dapat diunduh pada link di bawah ini:

MATERI 1

MATERI 2