Bimtek Pengelola PDDIKTI Tingkat Dasar Peningkatan Capacity Building

Yogyakarta - Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi serta Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 31 Tahun 2022 tentang Satu Data Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, maka secara keseluruhan setiap perguruan tinggi yang ada di Indonesia wajib melakukan pelaporan data pelaksanaan pendidikan tinggi pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) yang merupakan kumpulan data penyelenggaraan Pendidikan Tinggi seluruh Perguruan Tinggi yang terintegrasi secara nasional.

Perguruan Tinggi harus menyampaikan laporan penyelenggaraan pendidikan tinggi ke PDDikti secara berkala dengan mengisi instrumen melalui aplikasi Feeder. Dalam perjalanannya, masih ditemui beberapa tantangan dalam pelaporannya. Untuk itu, LLDIKTI Wilayah V menyelenggarakan Bimtek Pengelola PDDikti pada 26 Maret 2024 bertempat di Hotel Santika Premiere Yogyakarta sebagai wujud upaya LLDIKTI Wilayah V memberikan dukungan maksimal kepada PTS di lingkungan LLDIKTI Wilayah V khususnya bagi para pengelola PDDikti tingkat dasar. 

Tujuan utama pelaksanaan kegiatan ini meliputi meningkatkan pemahaman para pengelola PDDikti khususnya di tingkat dasar tentang berbagai aspek teknis dan administratif dalam pengelolaan PDDikti, meningkatkan keterampilan praktis/capacity building dalam pengelolaan dan pemeliharaan data PDDikti secara efisien dan akurat, memperbarui pengetahuan peserta tentang peraturan, kebijakan, dan prosedur terbaru terkait dengan pengelolaan data PDDikti, memberikan panduan praktis tentang penggunaan sistem PDDikti yang terkait dengan pengelolaan PDDikti.

Bimtek dibuka oleh Kepala LLDIKTI Wilayah V, Setyabudi Indartono dengan menghadirkan narasumber Gendro Santoso (Kepala Seksi PDPT, Universitas Alma Ata), Hemi Purwanto (Kepala Bagian Pelaporan Akademik, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa), Basit Adi Prabowo (Universitas Aisyiyah Yogyakarta). 


BAGIKAN