Bimtek Perjalanan Dinas Luar Negeri, Sinergi BKHM dan LLDIKTI V

Yogyakarta - Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan kompetensi SDM pengelola sekaligus menyelaraskan pengelolaan dan layanan administratif terkait perjalanan dinas luar negeri (PDLN) bagi Pejabat dan Pegawai Kemendikbudristek, Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat (BKHM) bekerjasama dengan LLDIKTI Wilayah V Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis PDLN bagi satuan pendidikan dan satuan kerja Kemendikbudristek di regiona Jawa. 

Bimbingan Teknis PDLN bertempat di kantor LLDIKTI Wilayah V (18/03/2024). Sasaran dari kegiatan ini adalah 84 satuan pendidikan dan satuan kerja Kemendikbudristek di Provinsi DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta dan Jawa Timur. Bimtek PDLN dibuka secara resmi oleh Kepala BKHM, Muhamad Hasan Chabibie, yang hadir secara daring.

Rangkaian kegiatan diawali dengan laporan Ketua Pokja Layanan dan Fasilitasi Luar Negeri, BKHM Bapak Seno Hartono menyampaikan bahwa ini adalah Bimtek PDLN pertama dan secara bertahap akan dilaksanakan di masing-masing wilayah di seluruh Indonesia.

Sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan, Kepala LLDIKTI Wilayah V menyampaikan terima kasih atas kepercayaan BKHM karena telah memilih LLDIKTI V untuk melayani penyelenggaraan Bimtek PDLN ini. “Semoga lain kali Bimtek PDLN ini dapat diselenggarakan tidak hanya sepulau Jawa, namun se-Indonesia,” tutur Setyabudi Indartono.

Anang Ristanto selaku Plh. Kepala BKHM turut menyampaikan dalam sambutannya beberapa hal yang melatarbelakangi penyelenggaraan Bimtek PDLN ini. “Dalam pelaksanaannya, setelah dievaluasi bahwa dalam sisi administrasi dan tujuan dari PDLN, masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki khususnya kelengkapan administrasi serta pentingnya melihat efektifitas, efisiensi dilakukannya PDLN dan kebermanfaatan pelaksanaan PDLN.”

Narasumber yang terlibat pada kegiatan ini berasal dari berbagai instansi yang memiliki pengalaman dan kompetensi mumpuni. 3 Narasumber antara lain Noviyanti, Kepala Biro Kerja Sama Teknik Luar Negeri, Kemensetneg menyampaikan terkait Sosialisasi Kebijakan Perjalanan Dinas Luar Negeri, Kwee Vania Laurencia dari Direktorat Konsuler, Kemenlu menyampaikan Keijakan Layanan Penerbitan Dokumen PDLN, Vira Agustina dari BKHM menyampaikan Kebijakan Perjalanan Dinas Luar Negeri (PDLN) Kemendikbudristek.


BAGIKAN