LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI
WILAYAH V YOGYAKARTA
Jalan Tentara Pelajar Nomor 13 Yogyakarta
IKUTI KAMI
Berita PT local_library Universitas Ahmad Dahlan visibility 64 kali
BK UAD Mutakhirkan Kurikulum Berbasis OBE
05 Ags
2021
Kamis,05 Agustus 2021

Program Studi Bimbingan dan Konseling (BK) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan workshop dan inkubasi pengembangan kurikulum, Senin (02-08-2021). Workshop dan inkubasi ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk mengembangkan dan memperbarui kurikulum agar kualitas pendidikan tetap terjaga dan sesuai dengan kebutuhan masa kini. Kegiatan dihadiri oleh tim penyusun kurikulum yang terdiri atas dosen Program Studi BK.

Ketua Program Studi BK UAD, Irvan Budhi Handaka, M.Pd., dalam sambutannya memberikan arahan dan semangat untuk tim pengembang kurikulum. “Workshop dan inkubasi ini harus dimaksimalkan karena ini adalah kesempatan bagus untuk terus memperbarui keilmuan dan keterampilan dalam menyusun kurikulum.”

Ia menambahkan, saat ini Program Studi BK UAD sedang dalam masa awal menggunakan kurikulum berbasis Outcome Based Education (OBE). Pembaruan kurikulum juga merupakan salah satu persiapan yang dilakukan untuk memperkuat diri dalam menyongsong akreditasi internasional AQAS.

Workshop dan inkubasi kurikulum menghadirkan narasumber Dr. Muslihati, S.Ag., M.Pd. sebagai Ketua Forum Program Studi BK Seluruh Indonesia, serta Dr. Dody Hartanto, M.Pd. sebagai Ketua Pengurus Pusat Divisi IBKPT ABKIN.

Doddy yang juga merupakan Wakil Dekan FKIP UAD mengajak tim untuk mencermati kurikulum yang berlaku saat ini dan memberikan poin-poin perbaikan yang dapat menjadi masukan bagi program studi untuk pengembangan kurikulum.

“Kurikulum Program Studi BK dikembangkan untuk menyongsong akreditasi internasional. Kurikulum harus berbasis pada luaran yang ingin dicapai pada setiap mata kuliah,” katanya.

Ia berharap, kegiatan tersebut dapat membawa Program Studi BK FKIP UAD untuk terus menjaga kualitas dan mampu mencetak lulusan-lulusan dengan kompetensi yang mumpuni dalam menjawab tantangan dunia kerja. (doc/ard)