LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI
WILAYAH V YOGYAKARTA
Jalan Tentara Pelajar Nomor 13 Yogyakarta
IKUTI KAMI
Berita PT local_library Universitas Ahmad Dahlan visibility 26 kali
Critical Thinking, Inovatif, dan Kreatif, Harus Ada Pada Diri Dosen Baru UAD
25 Okt
2021
Senin,25 Oktober 2021

Dosen baru Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dituntut untuk memiliki daya pikir yang kritis, inovatif, dan kreatif. Hal tersebut disampaikan Dr. Norma Sari, S.H., M.Hum., Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia UAD saat memberikan materi pengembangan karier dosen pada orientasi untuk dosen baru, Sabtu (23-10-2021), di Eastparc Hotel Yogyakarta.

“Sebagai dosen, ke depannya Bapak/Ibu akan berurusan serta bertabrakan dengan berbagai macam regulasi yang tidak menentu dan tidak pasti. Oleh karenanya dibutuhkan daya pikir kritis, kreatif, dan inovatif untuk menghadapinya,” jelas Norma.

Selain itu, Norma menegaskan dosen baru UAD harus bekerja keras dan bekerja secara kolektif untuk meniti pengembangan karier. “Setelah bergabung dengan UAD ada fase penyesuaian dengan keadaan. Dosen harus menyesuaikan dengan berbagai perubahan yang ada, termasuk dalam menyikapi mahasiswa dan perubahan zaman yang cepat.”

Di sisi lain, yang ditekankan adalah dosen baru UAD harus memiliki persepsi yang sama terkait dengan visi dan misi UAD, serta Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK). Tujuannya tentu untuk memajukan serta menjadikan UAD sebagai perguruan tinggi yang leading.

Selain Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia, para dosen baru juga menerima materi dari Rektor UAD Dr. Muchlas, M.T. terkait visi dan misi UAD. Kemudian materi internalisasi dan implementasi dharma Al-Islam dan Kemuhammadiyahan yang disampaikan Wakil Rektor Bidang Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Drs. Parjiman, M.Ag.

Wakil Rektor Bidang Akademik Rusydi Umar, S.T., M.T., Ph.D., memberikan materi tentang kewajiban dosen dalam dharma pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian. Sementara Wakil Rektor Bidang Keuangan, Kehartabendaan, dan Administrasi Umum Utik Bidayati, S.E., M.M. menjelaskan tentang kesejahteraan dosen. Terakhir, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Gatot Sugiharto, S.H., M.H. memberikan materi tentang peran dosen dalam pengembangan prestasi kemahasiswaan akademik maupun nonakdemik. (ard)