LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI
WILAYAH V YOGYAKARTA
Jalan Tentara Pelajar Nomor 13 Yogyakarta
IKUTI KAMI
Berita PT local_library Universitas Gunung Kidul visibility 80 kali
Debut Kedua “Tiwul Gunungkidul” (UGK-Bappeda Gunungkidul) Angkat Tema “Sinergi Kampus & Tim Penggerak PKK Membangun Gunungkidul”
10 Jun
2021
Kamis,10 Juni 2021

Universitas Gunung Kidul (UGK) sebagai lembaga pendidikan tinggi, tidak hanya bertugas menyelenggarakan pendidikan dan penelitian saja tetapi juga pengabdian kepada masyarakat. Terkait pengabdian masyarakat, UGK terus berkolaborasi dengan berbagai pihak meliputi: Bappeda Gunungkidul, pemerintah daerah, penggiat pemberdayaan masyarakat seperti penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), dan stakeholder lainnya.

Kolaborasi nyata UGK–Bappeda Gunungkidul adalah terbentuknya “Tiwul Gunungkidul” (Talking Inspiring with University Live from Gunungkidul). Pada debut kali ini dengan menggandeng BPD DIY, Tiwul Gunungkidul mengangkat tema “Sinergi Kampus & Tim Penggerak PKK Membangun Gunungkidul. Kamis (10/06/2021) bertempat di Resto Wulenpari (Kalurahan Beji, Patuk) beberapa pembicara yang dihadirkan adalah pembicara yang memiliki kompetensi dan peran di bidang ini, antara lain: Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gunungkidul Diah Purwanti Sunaryanta, Pimpinan BPD DIY Cabang Wonosari Arif Wijayanto, Staf Ahli Bupati Bidang Sosial, Kemasyarakatan dan SDM Siti Isnaini Dekoningrum Nurhandayani, serta Dosen/Peneliti Universitas Gunung Kidul Catarina Wahyu Dyah Purbaningrum.

PKK Gunungkidul telah memiliki prestasi yang mampu mengharumkan nama Gunungkidul di kancah Nasional. Diketahui bahwa PKK memiliki peran penting dalam mendukung jalannya program pembangunan pemerintah daerah. PKK dapat menjadi garda depan dalam mempromosikan kegiatan pembangunan, melakukan inovasi dengan berpartisipasi aktif dalam pemberdayaan keluarga. Guna merealisasikan peran-peran ini PKK membutuhkan sentuhan perbankan,” tungkas Diah Purwanti Sunaryanta (Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gunungkidul).

Perempuan menjadi ujung tombak keluarga terutama pada kondisi  saat ini. Dalam keluarga perempuan memiliki peran yang sangat penting. Oleh sebab itu dengan memperkuat perempuan dalam keluarga maka imbasnya juga akan dapat memajukan PKK, jelas Siti Isnaini Dekoningrum Nurhandayani (Staf Ahli Bupati Bidang Sosial, Kemasyarakatan dan SDM).

Arif Wijayanto (Pimpinan BPD DIY Cabang Wonosari) menjelaskan bahwa BPD DIY Cabang Wonosari berkomitmen untuk menjadi mitra strategis baik bagi pemerintah daerah maupun komponen masyarakat. BPD DIY cabang Wonosari terus berupaya memberi kemudahan demi memajukan Gunungkidul.

Dosen UGK, Catarina Wahyu Dyah Purbaningrum memaparkan bahwa UGK memiliki komitmen yang kuat untuk berkontribusi dalam pembangunan Bumi Handayani. Komitmen tersebut diwujudkan dengan telah terjalinnya kolaborasi dengan Bidang Penelitan dan Pengembangan (Litbang) Bappeda Gunungkidul dalam melakukan penelitian dan juga pengabdian masyarakat. Terkait dengan PKK, UGK telah berkontribusi dalam melaksanakan pendampingan dan pelatihan bagi anggota PKK di beberapa desa yang ada di Gunungkidul. Selain itu UGK juga telah meluncurkan program Kolaborasi Universitas, Bank, UMKM, dan PKK (KUBU PKK). Ini sebagai bukti nyata bahwa UGK terus bersinergi dengan berbagai pihak guna membangun Gunungkidul.

Pada akhirnya membangun Gunungkidul bukan hanya tugas pemerintah daerah saja, melainkan setiap komponen masyarakat. Begitu pula memajukan PKK, dibutuhkan sinergi berbagai pihak. UGK, pemerintah daerah, perbankan dan pihak lainnya harus terus bersinergi  agar tujuan yang diharapkan dapat tercapai. (Afr)