LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI
WILAYAH V YOGYAKARTA
Jalan Tentara Pelajar Nomor 13 Yogyakarta
IKUTI KAMI
Melawan Covid-19 local_library Universitas PGRI Yogyakarta visibility 145 kali
DEMI MENGURANGI PENYEBARAN COVID-19, MAHASISWA UPY DAN KODIM BANTUL ADAKAN VAKSINASI MASAL
22 Sep
2021
Rabu,22 September 2021

Minggu (19/09) Kampus Unit 1 Universitas PGRI Yogyakarta sudah mulai dipenuhi oleh warga yang antusias mengikuti program vaksinasi yang dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta untuk meredam lonjakan penyebaran virus Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta khususnya di area masyarakat sekitas kampus. Dengan menjalankan prokes yang ketat, vaksinasi lokal ini adalah program yang didukung penuh secara sinergis dengan KODIM Bantul selaku distributor 1.300 dosis vaksin covid-19 label Sinovac, Puskesmas Kasihan 2 sebagai tenaga kesehatan utama, Polsek Kasihan turut terjun untuk pengkondisian lapangan dan control kerumunan, Kelurahan Ngestiharjo membantu untuk lini masa penertiban lapangan.

Vaksinasi tersebut dibagi dalam beberapa shift untuk mengurangi kerumunan karena antusiasme mahasiswa dan warga yang cukup tinggi. Panitia pengarah mengintruksikan peserta vaksin agar menggunakan masker dan tertib meminimalisir kerumunan. Rektor Universitas PGRI Yogyakarta Dr. Ir. Paiman, M.P. turut hadir mendampingi  prosedur vaksinasi dari mulai daftar ulang, screening, sampai observasi bersama tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Sambutan Rektor Universitas PGRI Yogyakarta serta penyerahan kartu vaksin kepada KODIM Bantul dan Puskesmas Kasihan 2 sebagai simbolis memulai acara vaksinasi.

“Vaksinasi ini merupakan dasar dari solidaritas masyarakat dan mahasiswa bersama yang mendukung adanya herd imunity atau kekebalan kelompok di tengah kemasyarakatan lokal sekitar kampus khususnya dan harapannya bisa memberikan kondisi lebih stabil di tengah kesulitan masyarakat dalam bertahan di tengah pandemi ini” mengutip ucapan Mochamad Sihabudin selaku presiden mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta yang turut serta sebagai volunteer dalam aksi kemanusiaan tersebut.

Herd Imunity atau kekebalan kelompok merupakan status utama yang perlu dicapai dalam usaha masyarakat agar mampu melawan badai pandemi Covid-19 yang merebak saat ini, lalu untuk mencapai status tersebut vaksinasi perlu serentak disemarakkan agar masyarakat memiliki imunitas terhadap virus Covid-19 secara preventif. Serta tentu saja diharapkan motif dalam antusiasme masyarakat pada vaksinasi tak hanya sebagai pemenuhan syarat administratif pemerintah untuk membawa kartu vaksin sebagai persyaratan utama dalam berbagai bidang, namun vaksinasi ini diharapkan bisa bertindak sebagai awal kesadaran kolektif untuk masyarakat yang saling melindungi satu sama lain dalam lingkaran sosial yang solid. (feb)

sumber: https://www.upy.ac.id/berita/demi-mengurangi-penyebaran-covid-19-mahasiswa-upy-dan-kodim-bantul-adakan-vaksinasi-masal