Gelar Pelatihan TPBIS, PPK Ormawa BEM FKIP UMBY Siap Kembangkan Klinik Literasi Inklusif

PPK Ormawa BEM Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) selenggarakan pelatihan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) di Klinik Literasi Sekretariat Pinilih Sedayu pada hari Sabtu, 26 Agustus 2023. Pada pelatihan ini tim pelaksana PPK Ormawa menghadirkan pembicara dari dosen Pendidikan Luar Biasa, Universitas Negeri Yogyakarta yaitu Angga Damayanto, M.Pd. Selain itu, dihadiri pula oleh 35 masyarakat inklusif di desa Argosari, 15 tim pelaksanan PPK Ormawa, 2 perwakilan organisasi kemahasiswaan, dan didampingi oleh dosen pembimbing lapangan, Nafida Hetty Marhaeni, M.Pd.

 

Dalam penyampaian materinya, Angga Damayanto menekankan bahwa perpustakan inklusif membutuhkan lebih dari sekedar perpustakaan untuk menyimpan buku.

“Perpustakan inklusif membutuhkan lebih dari sekedar perpustakaan untuk menyimpan banyak buku bergambar atau salinan buku cerita atau buku lainya untuk anak-anak dan orang dewasa, tetapi juga ada kebutuhan dalam mendapatkan layanan yang bisa mendukung serta memenuhi layanan yang bisa mendukung serta memenuhi kebutuhan mereka untuk mendapatkan hak dalam menikmati fasilitas perpustakaan,” ungkapnya.

 

Hal penting lainnya yang perlu dilakukan dalam perpustakan inklusif adalah melakukan praktik baik seperti pemilihan, pengelolaan, dan peminjaman sumber daya inklusif, kegiatan literasi inklusi dalam konteks perpustakaan, pelatihan untuk staf perpustakaan, mengembangkan materi diseminasi seperti DVD dan buklet, serta berkolaborasi.

 

Rufus Abyater Kustiyarto selaku Ketua Pleasant PPK Ormawa dari Prodi Pendidikan Matematika menyampaikan bahwa dalam PPK Ormawa ini ada 5 pelatihan yang dikhususkan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat desa Argosari terkait perpustakaan inklusif. Agar nantinya masyarakat dapat terus mempertahankan sistem yang baik diperpustakaan tersebut sesuai dengan pelayanan yang semestinya diterapkan.

 

Dalam pelatihan ini dihadiri oleh salah satu pegiat forum disabilitas yaitu Tri Suhartini, S.E.  Tri Suhartini menyampaikan bahwa pelatihan yang diberikan oleh PPK Ormawa BEM FKIP UMBY sangatlah perlu dan penting dilakukan mengingat perpustakaan sebagai klinik literasi komdasif.co masih awam bagi masyarakat.

 

“Melalui pelatihan TPBIS ini harapannya masyarakat dapat memperoleh insight baru dalam pengelolaan yang ramah bagi kaum difabel, anak-anak, orang tua, dan seluruh masyarakat di desa Argosari tanpa mebeda-bedakan karakter tertentu,” tambahnya.

 

Baca berita lainnya di https://mercubuana-yogya.ac.id/


BAGIKAN