Ikuti LKTIN 2024, Mahasiswa UAD Raih Juara Umum

Mahasiswa Program Studi (Prodi) Magister Hukum Universitas Ahmad Dahlan (UAD) sukses menjadi Juara Umum dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) 2024 yang mengusung tema “Dinamika Penegakan Hukum Di Indonesia”. Lomba ini diikuti oleh para finalis dari berbagai Prodi Magister Ilmu Hukum/Magister Hukum (MIH/MH) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia.

Dalam babak final, terdapat 20 paper yang lolos dan dilombakan pada Jumat, (9-2-2024) bertempat di Gedung Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT). Dr. Nurjanah Septyanun, S.H., M.H., Ketua Panitia LKTIN 2024 dalam sambutannya menjelaskan tata tertib lomba dan menyebut para peserta lomba LKTIN berasal dari mahasiswa Prodi MIH/MH Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, Univeritas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Universitas Islam Riau (UIR) Pekanbaru, UAD, UMMataram selaku tuan rumah, dan perguruan tinggi lain-lain.

Sebagai ajang ilmiah, LKTIN diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam pemahaman dan penalaran hukum baik dari sisi law on book  dan  law in action, serta menghasilkan karya tulis ilmiah berbasis riset hukum berkualitas. Selanjutnya, lomba ditutup oleh Direktur Program Pascasarjana  UMMataram, Dr. Lukman,M.Pd., sekaligus pengumuman pemenang LKTIN 2024. Berikut daftar juara yang berhasil diraih oleh mahasiswa Magister Hukum UAD.

Juara Kategori Best Paper

  • Juara I  bidang Hukum Pidana atas nama Patisina dengan karya tulis bertajuk “Peran Psikologi Forensik dalam Pemulihan Korban Pemerkosaan Menurut Hukum Pidana di Indonesia”.
  • Juara II bidang Hukum Pidana atas nama Imtikhan Anas.
  • Juara II bidang Hukum Tata Negara/Hukum Administrasi Negara atas nama Amriana Amri dan Nanang Muhammad Rofi'i.
  • Juara II bidang Hukum Perdata/Bisnis atas nama Afriansyah Tanjung, dan
  • Juara III bidang Hukum Perdata/Bisnis atas nama Hashfy Radifan.

Juara Kategori Best Presenter

  • Juara I bidang HTN atas nama Fina Asfi dan Salmah dengan judul karya tulis “Kajian tentang Pemindahan Ibu Kota Negara Melalui Pengesahan Undang-Undang Ibu Kota Negara Ditinjau dalam Perspektif Politik Hukum”.
  • Juara I bidang Hukum Perdata/Bisnis atas nama Afriansyah Tanjung dengan judul paper “Bisnis dan HAM: Kebijakan  Tourism Berbasis Kearifan Lokal di Kabupaten Gunung Kidul,DIY dan Kota Mataram, Provinsi NTB” dan
  • Juara bidang Hukum Pidana atas nama Patisina dengan judul karya tulis “Peran Psikologi Forensik dalam Pemulihan Korban Pemerkosaan Menurut Hukum Pidana di Indonesia”.

Berkat pencapaian tersebut UAD dinobatkan sebagai Juara Umum LKTIN 2024. Selain prestasi yang luar biasa, ajang penulisan ilmiah berbasis penelitian ini menambah pengalaman bagi mahasiswa Magister UAD. Dr. Nurjanah menegaskan bahwa kegiatan ini memberikan manfaat yang besar bagi mahasiswa dalam mengasah kemampuannya menganalisis kasus hukum atau fenomena penegakan hukum yang tengah terjadi di Indonesia saat ini. (doc)

uad.ac.id


BAGIKAN