IST AKPRIND Pamerkan Inovasi Teknologi di Merdeka Innovation Summit 2023

Institut Sains & Teknologi Yogyakarta mendapatkan kesempatan untuk mewakili perguruan tinggi dari seluruh Indonesia melalui program Kosabangsa, pada Merdeka Innovation Summit 2023 di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis-Jumat (16-17/11). Acara tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi. 

Pada acara tersebut, IST AKPRIND memamerkan beberapa Teknologi Tepat Guna (TTG) hasil inovasi dosen dan mahasiswa, yang terdiri dari, mesin pencuci rumput laut, water purifier system berbasis solar panel, continuous band sealer, dan solar panel system portable-mobile. Tak hanya TTG hasil karya program Kosabangsa, pada gelaran tersebut juga dipamerkan berbagai karya inovatif hasil program matching fund, Indonesia Mengajar, Bangkit Academy, dan beragam program lainnya yang telah dilaksanakan dan berperan dalam meningkatkan tingkat indeks inovasi Indonesia. 

Selain IST AKPRIND, acara tersebut turut dihadiri oleh perwakilan dari masing-masing program yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek. Tak hanya menampilkan inovasi yang telah dibuat, kegiatan Merdeka Innovation Summit 2023 juga membuka peluang bagi perguruan tinggi untuk memperluas jejaring kerja sama. IST AKPRIND misalnya, berhasil memperoleh jejaring yang berasal dari berbagai perguruan tinggi, seperti, Universitas Hasanuddin, Universitas Bung Karno, Institut Teknologi Sumatera, juga berbagai kalangan pengusaha yang tertarik menjalin kerja sama lebih lanjut guna pengembangan produk-produk TTG.

IST AKPRIND merupakan perguruan tinggi yang konsisten mendapatkan hibah Kosabangsa dua tahun berturut-turut yakni tahun 2022 dan 2023. Pada tahun 2022, IST AKPRIND dipercaya sebagai perguruan tinggi pelaksana, sedangkan pada 2023 IST AKPRIND terpilih sebagai perguruan tinggi pendamping untuk perguruan tinggi pelaksana, yakni, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan, Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta, Universitas Jenderal Achmad Yani, serta Universitas Wisnuwardhana Malang. 

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IST AKPRIND, Prof. Dr. Ir. Sudarsono, M.T., mengapresiasi capaian yang diraih tim IST AKPRIND pada program Kosabangsa. Ia bangga IST AKPRIND mampu terpilih mewakili perguruan tinggi di Indonesia untuk tampil pada Merdeka Innovation Summit 2023. 
 

Merdeka Innovation Summit 2023 diselenggarakan untuk menggalakkan kolaborasi inovasi internasional, yang menghadirkan berbagai narasumber, baik dari dalam maupun luar negeri. Event yang merupakan terobosan terbaru dari Kedaireka, yaitu sebuah program yang diinisiasi oleh Kemendikbudristek melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, serta pihak terkait lainnya.
 


BAGIKAN