LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI
WILAYAH V YOGYAKARTA
Jalan Tentara Pelajar Nomor 13 Yogyakarta
IKUTI KAMI
Melawan Covid-19 local_library Universitas Widya Mataram Yogyakarta visibility 112 kali
Kelompok Petani Kota Yogyakarta Ikuti Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Cair
27 Mei
2021
Kamis,27 Mei 2021

Kelompok Petani Kota (KPK) Suryoputran di Kapanewon Kraton Yogyakarta berkesempatan mengikuti pelatihan pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) dari limbah kulit pisang. Pelatihan diberikan oleh Iva Mindhayani, ST., MT salah satu Dosen Program Studi Teknik Industri Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Widya Mataram (UWM) sebagai wujud dari implementasi Tridharma Perguruan Tinggi.

“Di tengah pandemi Covid-19 tidak menghalangi saya sebagai dosen untuk tetap melaksanakan Tridharma Perguruan Tingg, salah satunya pengabdian kepada masyarakat. Tentu saja dengan tetap mematuhi protokol kesehatan sesuai yang dianjurkan yaitu dengan 3M,” ungkap Iva, Selasa (25/5/2021) usai melakukan pelatihan.

Iva menuturkan, kegiatan pengabdian menyasar ibu-ibu Kelompok Petani Kota (KPK) yang berlokasi di Suryoputran RT 028/RW 008, Kalurahan Panembahan, Kapanewon Kraton, Yogyakarta. Pelatihan pembuatan POC ini dilakukan mengingat fenomena masyarakat yang sejak pandemi suka menanam. Agar tanaman yang ditanam dapat tumbuh dan berkembang dengan baik maka dibutuhkan nutrisi yang berasal dari pupuk yang dapat dibuat sendiri dengan memanfaatkan limbah rumah tangga salah satunya limbah kulit pisang. Kegiatan diawali dengan pemberian materi dan dilanjutkan dengan praktik langsung.

“Buah pisang sendiri merupakan tanaman asli Indonesia yang kaya manfaat dan digemari oleh semua kalangan. Selain buah pisang yang banyak nutrisi, kulit pisang juga mengandung vitamin B, vitamin C, air, karbohidrat, lemak, protein, kalium dan fosfor yang baik untuk pertumbuhan tanaman,” terang Iva.

Limbah kulit pisang, lanjut Iva, jika dibuang sembarangan dan tidak ditangani dengan baik dapat menimbulkan bau yang tidak sedap. Hal tersebut tentu sangat mengganggu dan mencemari lingkungan. Oleh karena itu, perlu adanya edukasi kepada masyarakat bahwa limbah kulit pisang bisa digunakan sebagai bahan pembuatan POC.

“Pembuatan POC dari limbah kulit pisang sangat mudah dilakukan dan pengaplikasiannya juga sangat mudah. Saya berharap setelah pelatihan ini peserta bisa melakukannya di rumah masing-masing,” pungkasnya.

Sumber: http://new.widyamataram.ac.id/content/news/kelompok-petani-kota-yogyakarta-ikuti-pelatihan-pembuatan-pupuk-organik-cair#.YK9rp6gzbIV