Kenali Passion, Peluang, dan Tantangan untuk Hadapi Masa Depan

Kegiatan pelepasan wisudawan dan wisudawati Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) periode April 2022 dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting dan disiarkan secara langsung melalui akun YouTube FKIP UAD Official pada Jumat, 20 Mei 2022. Menurut Dekan FKIP, Dr. Trikinasih Handayani, M.Si., pada periode wisuda saat ini April 2022, FKIP UAD akan mewisuda sejumlah 312 mahasiswa yang terdiri atas 44 dari jenjang S2 dan 268  dari jenjang S1.

Dr. Muchlas, M.T.  selaku Rektor Universitas Ahmad Dahlan ikut menimpali, “Selesainya masa perkuliahan kita, belum akhir dari pencapaian kita, bahkan itu menjadi titik awal untuk memasuki the real word, yang selama ini kita jalani adalah simulation word.

Acara ini mengambil tajuk “Kenali Passion, Peluang, dan Tantangan Siap Hadapi Masa Depan”, sebuah materi yang diberikan kepada calon lulusan FKIP untuk bisa mengenali passion, peluang, dan tantangan untuk jenjang kehidupan mereka selanjutnya. Hadir sebagai pemateri Veny Hidayat, S.Psi., M.Psi. yang merupakan CEO PT Mitra Optima Talenta.

“Sesungguhnya tidak ada orang yang terlahir gagal, tetapi merekalah yang membuat perencanaan untuk hidup gagal. Jika kita terlahir miskin bukan salah kita, itu takdir hidup. Namun ketika kita meninggal dalam keadaan miskin, itu salah kita. Mengapa demikian? Karena kita tidak mendengar seruan Allah Swt. makna dari hayya alal falah dan kita tidak bergerak untuk sukses. Allah hanya mengubah nasib suatu kaum ketika kaum itu mengubah keadaannya dan Allah tidak akan mengubah suatu kaum kalau  kaum itu tidak mengubah keadaannya,” jelas Veny.

Menurutnya, awal kegagalan atau ketidaksuksesan adalah limiting belief. Cara untuk memecahkan limiting belief tersebut dengan mengubah mindset atau pola pikir sebelum mengenal passion. Pola pikir tersebut yang telah menjadi keyakinan untuk bisa. Memasuki era Revolusi Industri 4.0 mindset yang harus dimiliki adalah a growth mindset atau pola pikir yang selalu tumbuh dan beradaptasi. Growth mindset ketika menghadapi tantang akan selalu berkata dan yakin bahwa “aku akan bisa mengembangkan kemampuanku dan tantangan membuatku belajar hal baru”. Orang yang memiliki growth mindset adalah orang yang selalu bergerak dan menjadi lebih baik.

Lebih lanjut, strategi untuk menghadapi masa depan yaitu kenali diri kita (passion) dan ubah mindset, bangun impian dengan melihat peluang dan fokus kembangkan diri kita untuk menghadapi tantangan.  Potensi merupakan kemampuan yang mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan. Potensi dasar yang wajib dimiliki individu sukses yaitu karakter seperti kejujuran, disiplin, dan berani. Cara menentukan atau mengenali passion yaitu dengan mencoba berbagai hal, supaya bisa mengetahui kira-kira apa kegiatan yang bisa memberikan makna atau value dan cocok.

 Terakhir Veny berpesan bahwa, “Kesuksesan adalah sebuah perjalanan from zero to be hero, jatuh bangun lagi, gagal perbaiki. Namun jika kita menyerah, semua akan berakhir. Sukses itu penting, tetapi yang terpenting bisa bermanfaat.” (frd)


BAGIKAN