KERJASAMA SEBAGAI LANGKAH KONKRIT PEMERINTAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DAN INSTITUT TEKNOLOGI DIRGANTARA ADISUTJIPTO MEMPERKUAT PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN

Penandatanganan kesepakatan bersama antara Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto dengan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta, merupakan salah satu upaya untuk memberdayakan potensi dan sumber daya secara optimal untuk memperkuat pembangunan berkelanjutan terutama pada penerapan sains dan teknologi kedirgantaraan untuk meningkatkan literasi masyarakat serta pembinaan potensi dirgantara di wilayah Provinsi D.I. Yogyakarta.

Kesepakatan yang ditandatangani oleh Gubernur Yogyakarta, Sultan Hamengku Buwono X, dan Rektor ITD Adisutjipto, Marsekal Pertama TNI Dr. Ir. Arwin Datumaya Wahyudi Sumari, S.T., M.T., IPU, ASEAN Eng., ACPE, APEC Eng., merupakan landasan bagi kolaborasi di beragam kegiatan yang mencakup pendidikan, pelatihan, penelitian, pengembangan sumber daya, dan pengabdian masyarakat serta pendampingan teknologi kepada generasi muda desa, sebagai salah satu misi ITD Adisutjipto berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan di Provinsi D.I. Yogyakarta dan sekitarnya.

Kolaborasi ini telah diinisiasi dengan pelaksanaan pembinaan UMKM di di Kalurahan Tirtorahayu dan Kalurahan Karangsewu Kecamatan Galur, Kulon Progo, dalam bentuk pendampingan perakitan, instalasi, dan pengoperasian drone yang dinamai Smart Adaptive Rotor Unmanned Aerial Vehicle (SAR UAV) untuk pemupukan lahan pertanian. Selain itu, juga diberikan pelatihan mengenai manajemen perawatan dan pengoperasian SAR UAV serta model bisnis pertanian yang memanfaatkan drone.


BAGIKAN