LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI
WILAYAH V YOGYAKARTA
Jalan Tentara Pelajar Nomor 13 Yogyakarta
IKUTI KAMI
Melawan Covid-19 local_library Universitas Widya Mataram Yogyakarta visibility 153 kali
Kreativitas Mahasiswa Prodi Teknologi Pangan UWM, Sleytin Nori Tembus Pasar
14 Jul
2021
Rabu,14 Juli 2021

Produk Sleytin Nori yang merupakan produk makanan karya mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknologi Pangan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Widya Mataram (UWM) berhasil menembus pasar. Sleytin Nori sendiri adalah snack sehat, kaya Gizi dan Rendah Kolesterol yang merupakan produk dari Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) yang menang dalam kompetisi PKM pendanaan 2021.

Prof. Dr. Ir. Ambar Rukmini, MP selaku dosen pendamping mengatakan bahwa open order pertama yang dilakukan mahasiswa sudah melebihi target, bahkan kelompok mahasiswa hingga kewalahan dalam melayanai pesanan. Harapannya pengalaman ini benar-benar menjadi bekal di kelak kemudian hari ketika mahasiswa lulus.

“Saya bangga pada mereka, kekompakkan dan kegigihannya dalam berusaha sangat nampak,” ungkap Dekan FST itu, Rabu (14/7/2021).

Kelompok pengusul PKM-K tersebut terdiri dari Dani Purwadi (Ketua Tim), dengan anggota diantaranya Khusna Fauziati, Nadella Ervietasari, Shela Suraikal, dan Fikri Alamsyah. Menurut Nadella, sejauh ini produknya mendapatkan respon yang baik dari kalangan anak-anak maupun orang dewasa.

“Kami memproduksi dari bulan Juni lalu. Bulan bulan Juli ini kami produksi Nori dua kali setiap minggunya. Setiap selasa kami lakukan evaluasi terkait pengembangan PKM Nori dan kami tindaklanjuti dengan menambah varian rasa baru sesuai dengan rasa yang diminati oleh para konsumen. Tujuannya, agar konsumen bisa membeli sesuai dengan rasa yang disukai,” terang Nadella.

Ia menuturkan, produknya telah dipasarkan ke semua kalangan masyarakat dari mulai anak-anak remaja sampai orang dewasa. Dari sisi keunikan, Sleytin Nori menggunakan bahan lokal yaitu daun parsley dan ikan patin yang kaya akan nilai gizinya. Nori dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet dan Monosodium Glutamat (MSG), sehingga selain enak rasanya juga merupakan Snack sehat.

“Produk ini merupakan produk yang dicanangkan untuk meningkatkan gaya hidup sehat di tengah pandemi Covid-19 yang sedang terjadi sekarang. Selain itu kami juga sedang memproses pengajuan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, ” kata Mahasiswa semester empat itu. Pada prinsipnya Nadella mengatakan bahwa mahasiswa harus gigih, ulet, kreatif, inovatif dan tekun. Banyak cara untuk berkreasi sesuai apa yang ada pada diri kita.

Sumber: http://new.widyamataram.ac.id/content/news/kreativitas-mahasiswa-prodi-teknologi-pangan-uwm-sleytin-nori-tembus-pasar#.YO7VuxszbIU