Kuatkan Pengelolaan Kerjasama dengan Lokakarya

Kerja sama yang dilakukan perguruan tinggi merupakan upaya memecahkan isolasi institusional yang dihadapi perguruan tinggi, baik pada level lokal, regional, nasional, maupun internasional sebagai upaya peningkatan mutu akademik masing-masing perguruan tinggi. Adapun lingkup kerjasama mencakup banyak bidang yang tentunya mendukung peningkatan serta pencapaian Tridharma Perguruan Tinggi.

LLDIKTI Wilayah V Kembali menyelenggarakan kegiatan penguatan Kerjasama bagai Perguruan Tinggi melalui Lokakarya Penguatan Pengelolaan Kerja Sama bagi Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan LLDIKTI Wilayah V Yogyakarta dalam rangka Peningkatan Kerja Sama  Perguruan Tinggi Tahun 2023. Acara diselenggarakan pada (15/9/23) bertempat di gendung Gedung A.R Fachruddin A, Lantai 5, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Diikuti oleh 50 peserta hadir secara luring dan juga diikuti  secara daring oleh peserta dari perguruan tinggi.

Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P., IPM., ASEAN.Eng dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada para peserta dan menekankan pentingnya kerjasama yang baik jangan hanya berhenti pada "Sleeping MOU". Kepala Bagian Umum, Taufiqurrahamn., SE selaku Kepala Bagian Umum membuka secara resmi kegiatan lokarya ini. Beliau menekankan bahwa kegiatan ini teselenggara mengacu pada Permendikbudristek Nomor 35 Tahun 2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi pasal 3. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3, LLDIKTI menyelenggarakan beberapa fungsi antara lain pelaksanaan kerja sama yaitu melakukan fasilitasi pengembangan kerja sama perguruan tinggi dengan perguruan tinggi lain, industri, dan instansi lain.

Hadir sebagai narasumber Muhammad Hielmy Zaenul Alam, S.IP, Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui pemaparan  Kebijakan Kerja Sama Pendidikan dan  Muchamad Nur Rochim, S.Kom, Pusat Data dan Teknologi Informasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi terkait dengan Teknis Pelaporan Kerja Sama pada Laman Laporkerma. Pada kedua sesi lokarya ini juga dihadirkan narasumber dari Universitas Ahmad Dahlan, Ibu Ida Puspita S.S., M.A.Res.,selaku Kantor Kerja Sama dan Urusan Internasiona memaparkan terkait Mekanisme/Teknik Perancangan dan Penyusunan Naskah/Dokumen KerjaSama (MoU, MoA dan IA) dan diakhiri dengan sesi materi  Pengelolaan Kantor/Unit Kerja Sama di Perguruan Tinggi dan Mekanisme Monev Kerja Sama oleh Bapak Taufiqur Rahman, SIP., MA., Ph.D, Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kerjasama, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.

Unduh Materi Narasumber di SINI

 

#kawanlima #lldiktijogja #kampusjojaistimewa #ekaprima #lldikti5gapaiiku #ptsjogjaistimewa #mbkm #merdekabelajar #kampusmerdeka


BAGIKAN