Layanan Pembuktian Terbalik Bagi Mahasiswa dan Alumni pada Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Politik Kartika Bangsa

Yth. Pimpinan 
Yayasan Pendidikan Kartika Bangsa Yogyakarta
Di Yogyakarta


Berdasarkan telah diterbitkannya Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 802/E/O/2022 tanggal 2 November 2022 tentang Pencabutan Izin Pendirian Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Politik Kartika Bangsa di Yogyakarta dan Izin Pembukaan Program Studi pada Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Politik Kartika Bangsa di Yogyakarta yang Diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Kartika Bangsa Yogyakarta, dengan hormat melalui surat ini kami ingin memberikan pemberitahuan kepada seluruh mahasiswa dan alumni pada Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Politik Kartika Bangsa angakatan tahun 2017 bahwa layanan pembuktian terbalik telah disediakan bagi mereka yang berasal dari perguruan tinggi yang telah tutup dan akan memunculkan data aktivitas perkuliahan pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti). Kami memahami bahwa situasi ini dapat menimbulkan berbagai kendala dalam mendapatkan bukti pendidikan resmi, dan sebagai upaya untuk membantu mahasiswa, kami menyediakan layanan ini.

Adapun langkah-langkah untuk mendapatkan layanan pembuktian terbalik sebagai berikut:

1. Silakan daftarkan diri Anda untuk pembuktian terbalik melalui tautan yang telah disediakan di https://s.id/PTSTISIPKartikaBangsa
2. Pengunggahan Dokumen : Mohon unggah dokumen asli yang mendukung status pendidikan Anda, yang terdiri dari :

  • Surat Keterangan dari Pimpinan Yayasan tentang Permohonan Pemunculan Data Pelaporan pada PDDikti dan alasannya, dilampiri daftar mahasiswa yang akan dilaporkan dengan menyebutkan NIM, nama mahasiswa, nama program studi, jenjang program studi, awal semester mahasiswa masuk Perguruan Tinggi, dan pada akhir lampiran cap dan tanda tangan pimpinan PT;
  • Formulir Penerimaan Mahasiswa Baru
  • SK Penerimaan Mahasiswa Baru;
  • Bukti Pembayaran Kuliah dari awal perkuliahan;
  • Daftar hadir  Dosen/Mahasiswa (per mata kuliah dari awal perkuliahan);
  • KTM (wajib bagi mahasiswa yang belum berstatus exit (lulus/DO/keluar/Mengundurkan diri), dan bagi yang sudah berstatus exit (lulus/DO/keluar/Mengundurkan diri) dapat digantikan dengan surat keterangan pengganti KTM dari Pimpinan Yayasan);
  • Kartu Rencana Studi (KRS) pada semester berjalan;
  • Kartu Hasil Studi (KHS) per semester dari awal perkuliahan;
  • Berita Acara Ujian Tugas Akhir/Skripsi/Tesis/Disertasi (bagi yang sudah menempuh);
  • SK Yudisium (bagi yang sudah yudisium);
  • Fotokopi ijazah dan transkrip (jika sudah lulus);
  • SK Konversi/Penyetaraan dan Transkrip nilai dari PTS asal (bagi mahasiswa pindahan/alih jenjang;
  • Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) bermaterai dari Pimpinan Yayasan yang didalamnya terdaftar NIM, nama mahasiswa, nama program studi, jenjang program studi, awal semester mahasiswa masuk PTS, yang menyatakan bahwa mahasiswa tersebut memang benar sedang/telah menempuh studi di PTS tersebut dan jika akibat perubahan data menimbulkan permasalahan baru termasuk yang berimplikasi terhadap masalah hukum, akan bertanggungjawab sepenuhnya dan tidak akan melibatkan pihak lain, baik secara personal maupun kelembagaan.

3.    Wawancara dengan Tim Pakar Dosen:
Mahasiswa dan alumni akan diundang untuk melakukan wawancara dengan tim pakar dosen sebagai bagian dari proses pembuktian terbalik dengan jadwal pelaksanaan yang sudah ditentukan dan akan diberitahukan kemudian.

Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon mengirimkan seluruh dokumen dan informasi yang diperlukan pada tautan https://s.id/PTSTISIPKartikaBangsa paling lambat kami terima pada tanggal 3 Februari 2024 untuk memastikan kelancaran proses evaluasi.

Atas perhatian dan kerjasama yang baik, kami ucapkan terima kasih.


BAGIKAN