LLDIKTI Wilayah V Gelar Workshop Standar Sarana dan Prasarana Perpustakaan PTS

 

 

Yogyakarta- Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah V menggelar Workshop Standar Sarana dan Prasarana Perpustakaan Perguruan Tinggi Swasta di Hotel Santika Premiere Jogja, Jumat (12/5). Workshop tersebut dihadiri oleh pimpinan 93 PTS atau perwakilannya dan mengundang dua Narasumber yakni Drs. Nurcahyono, S.S., M.Si. dari Perpustakaan Nasional dan Drs. Budiyono, SIP. Dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY. 

Dalam sambutannya, Kepala Bagian Umum LLDIKTI Wilayah V Bapak Taufiqurrahman S.E. mengatakan workshop ini bertujuan untuk mendorong PTS memenuhi standar sesuai Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional No.13 Tahun 2017 tentang Standar Nasional Perpustakaan di Perguruan Tinggi. Workshop ini juga diharapkan bisa mendorong pimpinan perguruan tinggi untuk mengambil kebijakan yang diperlukan agar perpustakaan perguruan tinggi bisa berkembang dan pada akhirnya meningkatkan mutu PTS.

“Harapannya perpustakaan yang baik akan meningkatkan minat calon mahasiswa untuk masuk ke PT tersebut, perpustakaan yang baik juga akan menimbulkan iklim belajar yang baik, oleh karena itu LLDIKTI memperhatikan ini,” ujar Taufiqurrahman.

Narasumber dari Perpustakaan Nasional Drs. Nurcahyono, S.S., M.Si. mengatakan tugas Perpustakaan Nasional adalah untuk membina semua jenis perpustakaan di Indonesia. Nurcahyono menyambut baik upaya LLDIKTI untuk mendorong peningkatan mutu perpustakaan perguruan tinggi swasta melalui penyelenggaraan Workshop Standar Sarana dan Prasarana Perpustakaan Perguruan Tinggi Swasta dengan mengundang pimpinan seluruh PTS di Yogyakarta.

“Di Kimaya kami sudah mengundang pustakawan untuk persiapan akreditasi, sehingga kita terima kasih untuk LLDIKTI karena mengundang pimpinan, jadi hari ini kita temukan bersama pengambil kebijakan dengan pustawakannya harapannya bisa mendukung pengambilan kebijakan untuk perpustakaannya,” kata Nurcahyono.

Ia meminta pimpinan PTS mengambil kebijakan mendukung program-program pengembangan perpustakaan di PTS masing-masing. Pasalnya, dari seluruh perpustakaan perguruan tinggi di Indonesia yang berjumlah 4.573 unit baru 531 yang terakreditasi. Sementara di Yogyakarta, per Maret 2023, baru ada 49 perpustakaan perguruan tinggi yang terakreditasi dari jumlah total 134 perguruan tinggi yang ada di Yogyakarta.

 

Materi Narasumber Unduh Disini: 

PPT 1

PPT 2

 

 


BAGIKAN