LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI
WILAYAH V YOGYAKARTA
Jalan Tentara Pelajar Nomor 13 Yogyakarta
IKUTI KAMI
Berita PT local_library Institut Teknologi Nasional Yogyakarta visibility 12 kali
LSP ITNY Terima Hibah PSKK Untuk 100 Mahasiswa
10 Jun
2021
Kamis,10 Juni 2021

Lembaga Sertifikasi Profesi P1 Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (LSP P1 ITNY) menerima  5 paket hibah pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Kerja (PSKK) dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

LSP P1 ITNY adalah lembaga pelaksanaan kegiatan sertifikasi profesi yang memperoleh lisensi dari BNSP. Saat ini LSP P1 ITNY memiliki 13  skema dan 38 Asesor.

Kepala LSP, Diah Suwarti Widyastuti, S.T., M.Eng mengatakan bahwa  tahun ini LSP menerima sebanyak 5 paket hibah Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Kerja (PSKK) dari BNSP yang setara dengan sertifikasi  sebanyak 100 mahasiswa  secara gratis.

“Hibah PSKK  tahun 2021 merupakan hibah PSKK ke 4 yang telah kami terima. Sebelumnya LSP P1 ITNY telah menerima hibah setiap tahun mulai  2018”, Jelas Diah.

Pelaksanaan sertifikasi dilakukan sepanjang bulan Juni 2021 di Tempat Uji Kompetensi (TUK) kampus ITNY dengan menerapkan Protokol kesehatan secara ketat. Mahasiswa diwajibkan untuk menyerahkan surat keterangan bebas covid-19 dan mengisi Self Assesmen sebelum mengikuti assesment.

Diah menambahkan bahwa Skema sertifikasi yang diujikan pada pelaksanaan assesment  kali ini  adalah Skema Pengelasan Pelat, Perencana Tata Ruang Wilayah dan Kota Secara Parsial, Pengawas Pekerjaan Struktur Bangunan Gedung, Survey Technical Pada Pemetaan Tambang Terbuka dan Perancangan Instalasi Listrik Trgangan Rendah bangunan Industri Kecil. “kami mendorong mahasiswa untuk bisa melakukan sertifikasi minimal 1 kali  sebelum mereka resmi lulus dari ITNY.  Jadi ketika Mahasiswa lulus sudah mengantongi Ijasah dan Sertifikat Kompetensi Teknik sesuai dengan bidangnya masing-masing”, tambahnya.

Sertifikat Kompetensi merupakan salah satu nilai lebih dalam persaingan lapangan pekerjaan. Mahasiswa juga lebih diakui oleh dunia industri baik di dalam, maupun luar negeri.  “Kami berharap hasil sertifikasi kompetensi tahun ini semua mahasiswa  ITNY bisa Kompeten 100 persen”, pungkas Diah.