Mahasiswa Agroteknologi UMBY Magang Kerja MBKM di Jawa Timur

Fakultas Agroindustri Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) kirimkan 10 mahasiswa Program Studi Agroteknologi untuk melaksanakan program Magang Kerja Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Magang kerja MBKM merupakan implementasi kegiatan Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) 2023 yang diperoleh oleh Program Studi Agroteknologi UMBY. Mereka akan melakukan magang kerja di PT. Kusuma Satria Dinasastri Wisatajaya (Kusuma Agro) yang beralamat di Batu, Jawa Timur.

Penyerahan mahasiswa Agroteknologi Fakultas Agroindustri kepada jajaran manajemen PT. Kusuma Satria Dinasastri Wisatajaya dilaksanakan langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Ir. Wafit Dinarto,M.Si.,MCE dan Dr. Chatarina Lilis Suryani, S.TP.,M.P. selaku Dekan Fakultas Agroindustri UMBY beserta jajaran dosen Agroteknologi di Hall Alamanda Kusuma Agro pada Senin (14/08/2023).

Menurut Reo Sambodo, S.P.,M.M.A., salah satu dosen program studi Agroteknologi UMBY, magang kerja di industri juga dapat meningkatkan konektivitas antara universitas dan dunia industri, sehingga dosen dan mahasiswa dapat lebih memahami kebutuhan dan tuntutan dunia kerja. Selain itu, program MBKM melalui magang kerja juga dapat meningkatkan kesempatan kerja bagi lulusan dan meningkatkan daya saing lulusan. Implementasi program MBKM melalui magang kerja dapat dilakukan dengan bekerja sama dengan berbagai perusahaan dan industri, serta menyediakan fasilitas yang memadai untuk melakukan magang.

“Mahasiswa prodi Agroteknologi ini akan magang kerja MBKM di Jawa Timur selama satu semester pembelajaran dengan menerapkan sistem rekognisi nilai berdasarkan praktek kerja di lapangan,” tambah Reo Sambodo.

Mahasiswa terpilih melalui proses seleksi internal oleh team task force PKKM Agroteknologi UMBY. Mereka adalah Adisti Sesarya Hapsari, Ari Setyoko, Dwi Happy Oktaviani, Eukarista Alun, Febri Aldhi Alwan, Hendiyansah, Unafia Kinanti, Rizki Subagyo, Taufiqul Hidayat, dan Yogi Ananda Kristiawan.

HRD Manager Kusuma Agro, Izzul Jinan Isna Alluza menerangkan bahwa kehadiran mahasiswa dalam program magang kerja MBKM diharapkan dapat memberikan transfer keilmuan baik dari Kusuma Agro kepada para mahasiswa ataupun sebaliknya, ilmu pertanian yang diperoleh dari bangku kuliah dapat disalurkan kepada petugas di lapangan.

Mahasiswa diharapkan memperoleh berbagai ilmu melalui kegiatan yang ada di Kusuma Agro diantaranya terkait budidaya tanaman buah-buahan, budidaya hortikultura, metode hidroponik, sistem pertanian organik, landscape, florikultur, teknologi pasca panen dan keilmuan lain.

Adapun Taufiqul Hidayat salah satu perwakilan mahaiswa peserta magang kerja MBKM menyatakan bahwa magang kerja menjadi tantangan tersendiri yang dapat memberikan pengalaman langsung praktek kerja di dunia industri khususnya di bidang pertanian.

Baca berita lainnya di https://mercubuana-yogya.ac.id/


BAGIKAN