LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI
WILAYAH V YOGYAKARTA
Jalan Tentara Pelajar Nomor 13 Yogyakarta
IKUTI KAMI
Berita PT local_library Universitas Ahmad Dahlan visibility 17 kali
Mahasiswa FAI UAD Adakan Program Dapur Rakyat
25 Nov
2021
Kamis,25 November 2021

Kepedulian dan rasa tanggung jawab adalah dua sikap yang berjalan seirama. Memberikan bantuan kepada yang membutuhkan, menjadi salah satu penerapan dari rasa kepedulian itu sendiri. Dengan bantuan yang diberikan, secara tidak langsung turut bertanggung jawab kepada masyarakat maupun pihak yang berada di sekitarnya.

Berdasar pada hal tersebut, Keluarga Besar Mahasiswa Fakultas Agama Islam (KMB FAI), Universitas Ahmad Dahlan (UAD), melalui program Dapur Rakyat yang berada di bawah naungan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FAI UAD, Departemen Pengabdian Masyarakat, membagikan konsumsi gratis kepada para tukang becak di Malioboro, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan ini berlangsung pada Minggu, 21 November 2021, dalam kurun waktu satu hari penuh.

“Sebelum melakukan pembagian nasi kotak dan bungkus, kami melakukan perbincangan dan diskusi kepada seluruh panitia, menentukan sasaran penerima, dan mencari sponsorship,” jelas Idghom Mukholik, selaku Ketua BEM FAI UAD Departemen Pengabdian Masyarakat. “Untuk belanja kebutuhan dan memasaknya, kami melakukan semuanya sendiri, oleh seluruh panitia,” tambahnya.

Memberikan bantuan dan berbuat baik kepada yang membutuhkan, selalu mendatangkan kebahagiaan bagi yang melakukannya. Untuk ke depannya KBM FAI UAD berharap mampu memberikan lebih dari apa yang telah dilakukan saat ini, seperti memberikan bahan sembako, uang tunai, dan bentuk kepedulian lainnya. Idghom berpesan agar para mahasiswa tetap konsisten menumbuhkan kecintaan dan kepeduliannya kepada masyarakat.

Dapur Rakyat merupakan satu dari sekian banyak program bakti sosial yang diwacanakan oleh para mahasiswa UAD melalui komunitas, organisasi, dan himpunan. Dari keterangan yang diberikan Idghom, di waktu mendatang program Dapur Rakyat ini akan kembali dilaksanakan, mengingat jumlah dana dan kepanitiaan yang memadai. “Jumlah panitia yang mendaftar dari temen-temen KBM FAI UAD sangat banyak, jadi bulan Februari mendatang akan diadakan kembali program ini,” pungkasnya. (didi)