Mahasiswa Ilmu Komunkasi UWM Webinar Pendidikan dan Industri

Program Studi Ilmu Komunikasi (Ilkom Universitas Widya Mataram (UWM) menyelenggarakan webinar tentang Pendulum  Antara Pendidikan dan Industri, Sabtu (14/5/2022).

Acara dilangsukan secara daring menggunakan zoom meeting itu, diikuti 52 orang, menampilkan pembicara dua mahasiswa Ilkom UWM, Arsaldi Hasanuddin  dan  Andy Musyahid. Sebagai pembawa acara Tika Prasasti, sedang moderator Putri Laela Octaviani.

Menurut Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi UWM sekaligus pengampu mata kuliah “public speaking” Shulbi Muthi Sabila SP,S.I.Kom,M.I.Kom, webinar dimaksud sebagai praktik bicara di depan publik, yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa Ilkom UWM.

“Webinar ini yang dikerjakan secara berkelompok dan  bertujuan untuk mengasah kemampuan dan keberanian mahasiswa berbicara di depan publik,” kata dia, Selasa (17/5/2022).

Menurut dia, ilmu komunikasi hadir untuk menjawab tantangan komunikasi dalam perkembangan. Alasan ini menjadi dasar webinar harus diikuti dan diselenggarakan oleh mahasiswa, dengan nara sumber dari kalangan mereka sendiri, sementara peserta bisa dari warga di luar kampus.

Arsaldi Hasanuddin dan Andi Musyahid  berpendapat, webinar ini menjadi pengalaman yang menantang untuk belajar berbicara secara sistematis dan dipahami oleh para peserta webinar.

“Dengan menjadi pembicara dalam webinar, kami bisa menggunakan forum ini untuk bertukar wawasan,” kata mereka.

Kedua pembicara juga menyinggung persoalan kepentingan dunia pendidikan dan industri. Idealisme pendidikan dan kepentingan industri tidak otomatis visi dan misinya sinkron. Pendidikan cenderung melepas idealism, untuk menyesuaikan diri dengan kepentingan dan kebutuhan industri. Maka pendidikan cenderung mengikuti arus kepentingan industri.

 


BAGIKAN