MAHASISWA ITD ADISUTJIPTO IKUTI KEGIATAN PELATIHAN KEPEMIMPINAN DAN BELA NEGARA

Dua mahasiswa Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITD Adisutjipto), ikuti kegiatan Pelatihan Kepemimpinan dan Bela Negara bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi di Akademi Angkatan Udara (AAU). Latihan yang dikemas dalam bentuk PBB, Ceramah, Psikologi Lapangan dan Permainan Outbond, berlangsung selama dua hari dari tanggal 26 – 27 Mei 2023. Pada acara pembukaan, kedua mahasiswa ITD Adisutjipto, atas nama Stiefhen Armando Maulana dari Prodi Teknik Dirgantara dan Huda Maghfiron dari Prodi Teknik Industri,  didampingi oleh Wakil Rektor III, C. Sukaca Budiono, S.T., M.T., dan Kabiro Kemahasiswaan, Prasidananto Nur Santoso, S.T., M.Sc.

Kegiatan Pelatihan Kepemimpinan dan Pembinaan Karakter Bela Negara ini diadakan oleh Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan Wilayah D.I. Yogyakarta (FORMIPAWA DIR), bertempat di GOR Telong I, Kompleks Akademi Angkatan Udara, Yogyakarta. Sikap Bela Negara yang telah tertanam pada diri setiap warga negara, khususnya mahasiswa, akan membentuk pribadi yang disiplin, membentuk jiwa kebersamaan dan solidaritas antar sesama rekan seperjuangan, membentuk mental dan fisik yang tangguh, menanamkan rasa kecintaan kepada bangsa dan negara, serta patriotisme sesuai dengan kemampuan diri. Sikap bela negara juga akan membentuk jiwa leadership dalam memimpin diri sendiri, berprilaku jujur, tegas, adil, dan tepat dalam mengambil tindakan, serta memiliki kepedulian antar sesama.

Diharapkan nantinya, para mahasiswa juga menyadari bahwa pelatihan ini akan besar manfaatnya kelak di kemudian hari, bahwa dirinya sebagai Generasi Muda penerus estafet kepemimpinan bangsa harus berkharakter, harus memiliki kemampuan leadership, serta berkepribadian tangguh dalam menghadapi berbagai dinamika medan tugas, dalam rangka membela kepentingan negara.


BAGIKAN