LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI
WILAYAH V YOGYAKARTA
Jalan Tentara Pelajar Nomor 13 Yogyakarta
IKUTI KAMI
Artikel local_library Admin LLDIKTI visibility 19 kali
Masyarakat Butuh Media Kebudayaan Indonesia yang Berkualitas
08 Sep
2021
Rabu,08 September 2021

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) akan luncurkan Merdeka Belajar Episode Ketiga Belas: Merdeka Berbudaya dengan Kanal Indonesiana pada 3 September 2021 pukul 13.30 WIB melalui YouTube Kemendikbud RI.

Sebelum lakukan peluncuran, sejumlah pemangku kepentingan turut memberikan pendapat terkait pentingnya bagi masyarakat memiliki saluran media khusus mengenai kebudayaan Indonesia. Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyampaikan bahwa akan sangat baik apabila Indonesia memiliki kanal khusus untuk menanyangkan mengenai kebudayaan lokal yang dimiliki karena nilai-nilai budaya itulah yang dibutuhkan oleh anak-anak saat ini sebagai bekal untuk masa depan mereka nanti.

“Masyarakat yang kaya pengetahuan dan pemahamannya tentang budaya, serta lebih menghargai toleransi, kemajemukan, dan kebinekaan akan sangat baik untuk masa depan bangsa kita,” tutur Ridwan.

Ketua Pusat Dokumentasi Arsitektur, Ria Febrianti, turut mengungkapkan pendapatnya mengenai pembuatan kanal khusus kebudayaan Indonesia ini. Ria berpendapat bahwa di antara derasnya informasi budaya dari berbagai lini media daring, sangat disayangkan karena tidak dibarengi dengan ketersediaan pilihan tayangan budaya yang berkualitas pada siaran televisi. “Tayangan televisi dengan narasi kewarisan budaya mustinya menjadi garda terdepan pembangunan karakter anak bangsa yang cinta tanah air dan bangga akan warisan budaya yang erat akan nilai adi luhung sejak masa lampau hingga saat ini,” imbuh Ria.

Seorang mahasiswa bernama Samuel Simanjuntak juga menyampaikan harapannya agar Indonesia memiliki satu kanal yang khusus dibuat untuk menampilkan mengenai kebudayaan lokal. “Karena dari kanal itu kita bisa melihat begitu kerennya, begitu uniknya Indonesia dengan keberagaman budaya yang harus dilestarikan pemuda-pemudi Indonesia,” ungkap Samuel.

Menanggapi aspirasi dan dukungan dari masyarakat tersebut, Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim mengatakan dalam keterangan tertulisnya, “Selalu menghadirkan terobosan adalah semangat yang sekarang menjadi nilai kami di Kemendikbudristek. Kami terus berupaya untuk menghadirkan solusi-solusi baru untuk menjawab kebutuhan masyarakat dan mewujudkan cita-cita Merdeka Belajar dan Merdeka Berbudaya”.

Peluncuran Merdeka Belajar Episode Ketiga Belas: Merdeka Berbudaya dengan Kanal Indonesiana hari ini akan dipandu oleh Andovi Da Lopez dan Memes Prameswari serta turut menghadirkan Mendikbudristek, Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid, Wakil Ketua Komisi X DPR RI Heitfaf Sjaifudian, penggiat budaya Didik Nini Thowok, penyanyi Vira Talisa, serta penampilan dari Alffy Rev.

Sumber: https://itjen.kemdikbud.go.id/public/post/detail/masyarakat-butuh-media-kebudayaan-indonesia-yang-berkualitas