MBKM Kewirausahaan Mandiri, Mahasiswa Ilkor UMBY Buka Toko Sepatu Vintage

Guna mengimplementasikan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Prodi Ilmu Keolahragaan Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) membuka kesempatan mahasiswa untuk mengambil kegiatan MBKM Kewirausahaan secara mandiri. Kegiatan dimulai sejak 1 September 2022 – 30 Januari 2023, terdapat 3 mahasiswa pendaftar yang mengikuti sesi interen dan 1 orang berhasil lolos dan menyelesaikan kegiatan MBKM ini.

Archangela Shelly Tamara, mahasiswa yang telah menyelesaikan MBKM Kewirausahaan mandiri, behasil membuka sebuah toko sepatu vintage era tahun 80-90an dengan tema Inovasi 5.0. Mengambil konsep Toko Lawas berkelas diharapkan dapat mengangkat sepatu vintage agar bisa dimanfaatkan untuk kegiatan olahraga dan fashion. Selama 6 bulan, kegiatan MBKM Kewirausahaan diisi dengan pembuatan desain kegiatan dari stok opname barang, mencari kerjasama dalam bentuk sponshorship acara atau event olahraga, dan berkolaborasi dengan gym/kegiatan olahraga lainnya. Selain itu juga memproduksi konten foto dan video, mengadakan kegiatan acara bertemakan fun sport yang dikelola oleh Toko Lawas sendiri serta melakukan evaluasi bulanan.

“Melalui jalur MBKM ini mahasiswa sangat diuntungkan karena tidak hanya berlatih dan fokus membuat usaha tetapi ternyata bisa diakui dalam perkuliahan,” ungkap Archangela Shelly Tamara.

Keberhasilan mahasiswa Prodi Ilmu Keolahragaan itu disampaikan dalam sebuah desiminasi laporan hasil kegiatan MBKM Kewirausahaan pada Sabtu, 4 Februari 2023 yang dihadiri oleh dosen-dosen pengampu mata kuliah reguler. Prodi Ilmu Keolahrgaan mendorong dan memfasilitasi mahasiswa untuk menciptakan ataupun mengembangkan inovasi usaha sehingga bisa memberikan dampak ekonomi bagi mahasiswa sendiri ataupun masyarakat sekitar sehingga pada saat lulus nanti mahasiswa sudah matang di lapangan.

“Program MBKM di Prodi Ilmu keolahragaan sudah dipersiapkan lama dan dengan melakukan riset dan koordinasi dengan pihak universitas dan dengan beberapa lembaga luar baik di Yogya ataupun di luar Yogya yang tentunya mendukung kegiatan Kurikulum MBKM Prodi Ilmu keolaragaan,” ujar Antonius Tri Wibowo, S.Pd.Kor.,M.Or, dosen pembimbing lapangan MBKM dan Kewirausahaan,

Prodi Ilmu Keolahragan menawarkan kegiatan MBKM yaitu Magang, Kewirausahaan, Riset, dan Asistensi Mengajar. Diharapkan melalui kegiatan MBKM ini bisa membantu mahasiswa memiliki kompetensi lebih dan tentunya mengenal realita di lapangan kerja ke depan.

 

 


BAGIKAN