Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045: LLDIKTI Wilayah V Yogyakarta Khidmat Menggelar Upacara Hari Lahir Pancasila

Yogyakarta, 1 Juni 2024 – Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah V menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman kantor. Upacara yang dihadiri oleh seluruh tim kerja dan mahasiswa magang MSIB ini bertema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”, mengandung makna bahwa Pancasila menyatukan Bangsa Indonesia dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat. Diharapkan seluruh komponen bangsa dapat mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila di tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Upacara dimulai pukul 07.30 WIB diwarnai suasana khidmat terasa begitu kental, dengan seluruh peserta upacara mengikuti setiap rangkaian acara dengan penuh rasa hormat dan semangat kebangsaan.

Dalam Upacara, Kepala LLDIKTI Wilayah V, Prof. Setyabudi Indartono, MM., Ph.D bertindak sebagai pembina upacara. Beliau menyampaikan pidato dalam amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang dibacakan, beliau mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni. Seluruh komponen bangsa harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila dan ideologi bangsa yang harus dijaga serta diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Pancasila bukan hanya sebuah konsep, tetapi juga jiwa yang menyatukan kita sebagai bangsa Indonesia. Dalam perjalanan menuju Indonesia Emas 2045, kita harus terus mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan kita, baik itu dalam pemerintahan, pendidikan, maupun dalam kehidupan bermasyarakat,” ujar Prof. Setyabudi Indartono, MM., Ph.D. 

Selain itu, dalam amanat internal Prof. Setyabudi Indartono, MM., Ph.D juga menyoroti pentingnya implementasi nilai-nilai Pancasila dalam zona ASN dimana harus terus melakukan reformasi birokrasi guna meningkatkan kualitas pelayanan publik. Pembangunan karakter ASN yang berintegritas, transparan, dan akuntabel. 

“Kita harus memastikan bahwa LLDIKTI Wilayah V harus terus melakukan pembangunan Reformasi Birokrasi - Zona Integritas Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. Sejalan dengan itu, kita juga mengedepankan budaya kerja 'Berakhlak' yang merupakan akronim dari Berorientasi pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Nilai-nilai ini sejalan dengan Pancasila dan menjadi landasan untuk menciptakan pelayanan publik yang prima,” tambahnya.

Hari Lahir Pancasila adalah momen penting bagi seluruh bangsa Indonesia untuk merefleksikan kembali nilai-nilai dasar yang menjadi landasan berdirinya negara ini. Melalui upacara dan berbagai kegiatan yang diadakan, pimpinan dan seluruh tim kerja serta staff LLDIKTI Wilayah V berkomitmen untuk terus menanamkan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek pekerjaan kita dan implementasikan budaya kerja 'Berakhlak' dengan sebaik-baiknya.
Dengan semangat Pancasila, mari kita bersama-sama menuju Indonesia Emas 2045, di mana seluruh rakyat Indonesia hidup dalam keadilan, kemakmuran, dan perdamaian. (humas)


BAGIKAN