LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI
WILAYAH V YOGYAKARTA
Jalan Tentara Pelajar Nomor 13 Yogyakarta
IKUTI KAMI
Artikel local_library Admin LLDIKTI visibility 26 kali
Peluncuran Kanal Indonesiana.TV untuk Merdeka Berbudaya
10 Sep
2021
Jumat,10 September 2021

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk pertama kalinya meluncurkan Kanal Indonesiana.TV via live streaming YouTube Kemendikbud RI pada Jumat, (03/09). Acara dipandu oleh Memes Prameswari dan Andovi Da Lopez, juga menghadirkan beberapa narasumber.

Kanal Indonesia.TV merupakan bentuk dari episode 13 inovasi Merdeka Belajar oleh Kemendikbudristek. Acara dibuka dengan pengenalan singkat 12 episode dari inovasi Merdeka Belajar Kemendikbudristek yang telah dan sedang berlangsung di Indonesia. Kemudian, dilanjutkan dengan konten “Wonderland” karya Alffy Rev yang memperlihatkan kekayaan kebudayaan Indonesia, mulai dari pakaian, rumah adat, tarian, dan lagu-lagu tradisional Indonesia.

Selanjutnya, Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim, memaparkan lebih dalam terkait Kanal Indonesiana.TV.

“Media saat ini adalah suatu sarana, tetapi media yang sudah ada belum cukup mewadahi tema-tema pembelajaran, ekspresi seni, dan interaksi budaya Indonesia. Saat ini masih sangat terbatas,” papar Menteri Nadiem.

Menteri Nadiem menyebutkan, harus ada suatu kanal yang berdedikasi, namun saat ini belum ada media komprehensif yang menyajikan kekayaan budaya Indonesia dalam bentuk audio, visual, teks, dan audiovisual.

“Jadi inilah hari ini kita meluncurkan untuk pertama kalinya di Indonesia. Kita meluncurkan Kanal Indonesiana. Kanal Indonesiana ini adalah platform yang secara ekslusif menjadi media ekspresi, pustaka, dan promosi untuk budaya.”

Menteri Nadiem menambahkan, Kanal Indonesiana adalah suatu platform wadah ekspresi merdeka berbudaya dan bermitra dengan masyarakat, serta para pelaku dan komunitas seni budaya.

Hetifah Sjaifudin, selaku Wakil Ketua Komisi X DPR RI menjelaskan, bahwa Pemerintah wajib memajukan kebudayaan nasional di tengah peradaban dunia. “Kami mengapresiasi mitra terbaik yang sekarang meluncurkan Kanal Indonesiana, karena ini juga manifestasi dari Undang-Undang baru soal kemajuan kebudayaan Indonesia”, ucapnya.

Hilmar Farid, selaku Direktur Jenderal Kebudayaan menyebutkan tayangan favoritnya di Kanal Indonesiana, salah satunya adalah Susur Budaya. “Konsepnya adalah perjalanan. Traveling melalui kacamatanya anak muda.” Ucapnya.

Narasumber selanjutnya, yaitu Didik Nini Thowok, selaku penggiat budaya, menjelaskan bahwa manggung di stasiun televisi sangat terbatas. “Sebelumnya juga saya mengucapkan terima kasih kepada Pak Menteri dan Pak Dirjen karena kerinduan seniman-seniman Indonesia, termasuk saya untuk berekspresi akan terwujud lewat kanal ini”, ujarnya.

Vira Talisa, selaku Penyanyi turut menjelaskan, harapannya adalah tidak putusnya pengetahuan dan praktik tradisi budaya di Indonesia. “Harapan aku semoga tradisi Indonesa ini bisa terus di-recycle, didaur ulang menjadi sesuatu lebih keren dan lebih zaman sekarang. Dan kalau denger kata budaya tuh bukan aduh bosen, tapi tertarik, bangga, dan ingin menunjukkan ke seluruh dunia,” jelasnya.

Acara ditutup dengan salam dan ucapan terima kasih antara pembawa acara dan narasumber, kemudian menampilkan video kompilasi dari beberapa program yang ada di Kanal Indonesiana.

Sumber: https://itjen.kemdikbud.go.id/public/post/detail/peluncuran-kanal-indonesianatv-untuk-merdeka-berbudaya