Pembekalan Mahasiswa Penerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah Merdeka di Yogyakarta

Yogyakarta, 19 Oktober 2023 - Hari Kamis, 19 Oktober 2023, sebanyak 140 mahasiswa yang dipilih oleh Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah V berkumpul di Hotel Cavinton Yogyakarta. Mereka berkumpul untuk mendapatkan pembekalan terkait Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka Tahun 2023. 

Kegiatan ini merupakan upaya dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi untuk mendukung lulusan SMA/SMK sederajat dalam melanjutkan pendidikan tinggi. Para peserta dipandu oleh 3 narasumber yaitu Bapak Dr. Gatot Sugiharto, S.H, M.H dari Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Erik Hadi Saputra, S.Kom, M. Eng dari Universitas AMIKOM Yogyakarta, dan Ibu Denes Kustinah, S.Pd. Selaku Ketua Tim Pembelajaran dan Kemahasiswaan LLDIKTI V.

Dalam kegiatan ini, para mahasiswa penerima KIP Kuliah Merdeka mendapat pemahaman mendalam tentang hak-hak dan kewajiban mereka sesuai dengan Persesjen Nomor 10 Tahun 2022. Mereka memiliki hak atas pembebasan biaya kuliah yang dibayarkan langsung ke perguruan tinggi serta bantuan biaya hidup yang ditransfer langsung ke rekening mereka sesuai dengan besaran biaya lokal di wilayah masing-masing. Selain itu, bagi mahasiswa yang lulus tepat waktu, ada peluang melanjutkan ke jenjang profesi tertentu seperti Dokter, Dokter Gigi, Dokter Hewan, Ners, Apoteker, dan Guru dengan batas waktu yang telah ditentukan.

Namun, hak ini juga diiringi dengan sejumlah kewajiban. Mahasiswa harus mempertahankan prestasi akademik yang baik, diukur melalui Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan oleh perguruan tinggi. Mereka juga harus bersedia dievaluasi setiap semester, mencakup evaluasi prestasi akademik, keadaan ekonomi, dan hal-hal lain yang dapat memengaruhi status mereka sebagai penerima program. Kewajiban lainnya termasuk menyelesaikan studi tepat waktu, dengan batas waktu 8 semester untuk program sarjana dan diploma empat, 6 semester untuk program diploma 3.

Tujuan dari kegiatan pembekalan ini tidak hanya memberikan informasi mengenai aturan dan prosedur, tetapi juga untuk menanamkan semangat pada para mahasiswa. Mereka diingatkan bahwa meskipun menghadapi keterbatasan ekonomi, melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi adalah suatu hal yang mungkin. Banyak contoh nyata dari mahasiswa penerima beasiswa yang akhirnya berhasil menjadi orang sukses dan mampu meningkatkan taraf hidup keluarga mereka. Oleh karena itu, mahasiswa-mahasiswa ini mendapat pembekalan tentang bagaimana menjadi mahasiswa yang berkarakter, sukses, bermanfaat bagi masyarakat, dan memiliki jiwa kepemimpinan, karena mereka adalah kader-kader penerus bangsa.

Sebagai catatan, LLDikti Wilayah V mendapatkan alokasi kuota sebesar 1.801 mahasiswa regular dan 198 mahasiswa usulan masyarakat untuk Program KIP Kuliah Merdeka tahun 2023. Dalam acara ini, 140 mahasiswa dipilih untuk mengikuti pembekalan secara langsung, sementara sisanya dapat menyaksikan melalui kanal YouTube LLDikti Wilayah V.

Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen pemerintah dalam mendukung pendidikan tinggi bagi generasi muda Indonesia, memberikan mereka kesempatan untuk menggapai mimpi dan meraih masa depan yang lebih baik.


BAGIKAN