LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI
WILAYAH V YOGYAKARTA
Jalan Tentara Pelajar Nomor 13 Yogyakarta
IKUTI KAMI
Berita LLDIKTI V local_library Admin LLDIKTI visibility 142 kali
Pemberian Rekomendasi Kelembagaan Program Studi Baru Tahap ke 5 Tahun 2021
27 Ags
2021
Jumat,27 Agustus 2021

LLDikti Wilayah V – Pandemi Covid 19 memang belum berakhir, tetapi kondisi ini tidak serta merta menjadi hambatan dalam pengembangan pendidikan tinggi khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Pelayanan akan kebutuhan pendidikan tinggi di masyarakat direspon dengan baik oleh perguruan tinggi negeri dan swasta dengan cara membuka program studi yang relevan dengan kebutuhan masyarakat.

LLdikti Wilayah V menyelenggarakan agenda pemrosesan pemberian rekomendasi pembukaan program studi baru yang diusulkan oleh Universitas Widya Mataram dan Universitas Negeri Yogyakarta pada hari ini (27/8/2021) bertempat di Kantor LLDikti Wilayah V. Agenda ini dilaksanakan secara daring dengan untuk mencegah kerumunan yang dapat memicu penularan Covid 19.

Universitas Widya Mataram berencana membuka Program Studi Hukum Program Magister. “Prodi Magister Hukum ini memiliki 5 keunikan: Pembangunan berbasis kearifan lokal, Sistem Hukum Kemasyarakatan, Hukum Kepolisian dan Advokatur, Hukum bisnis Kepariwisataan, dan Hukum Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta” jelas Prof. Dr. H. Edy Suandi Hamid, M.Ec., Rektor Universitas Widya Mataram dalam paparannya. Masa depan prodi ini diprediksi akan bertumbuh dan berkembang dengan baik karena jumlah peminat dari masyarakat dan alumni cukup banyak.

Universitas Negeri Yogyakarta mengajukan usul pembukaan 2 Program studi baru yaitu Program Studi Bimbingan Konseling Program Doktor dan Arsitektur Program Sarjana. Program Studi Bimbingan Konseling Program Doktor memiliki Fokus penelitian pada bimbingan pribadi sosial, bimbingan karir, bimbingan belajar, dan pendekatan konseling sedangkan untuk Program Studi Arsitektur Program Sarjana akan mendidik calon sarjana arsitektur yang mempunyai keunggulan dalam aplikasi dan praktik rekayasa teknologi bangunan terutama dengan obyek bangunan hunian dan bangunan pendidikan.

Setelah tim dadi LLDikti Wilayah V melakukan evaluasi dan pemeriksaan dokumen kelengkapan usulan baik dari Universitas Widya Mataram maupun Universitas Negeri Yogyakarta, maka ketiga usulan prodi baru tersebut dinyatakan layak mendapatkan rekomendasi.