LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI
WILAYAH V YOGYAKARTA
Jalan Tentara Pelajar Nomor 13 Yogyakarta
IKUTI KAMI
Berita LLDIKTI V local_library Admin LLDIKTI visibility 118 kali
Pemberian Rekomendasi Kelembagaan Tahap II Tahun 2021
23 Apr
2021
Jumat,23 April 2021

Yogyakarta, Bertempat di Hotel Indoluxe (23/4/2021), LLDikti Wilayah V menggelar rapat pemberian Rekomendasi Kelembagaan untuk yang kedua kalinya pada tahun ini.

Sesi pertama diisi presentasi dari Universitas Sanata Dharma untuk Program Studi Magister Sastra. Menurut Tim Universitas Sanata Dharma, prodi yang akan dibuka memiliki keunikan pada peminatan yang berfokus pada sastra nusantara, sastra Indonesia, sastra bandingan, dan kajian budaya yang berbeda dari magister sastra di perguruan tinggi lain.

“Alasan kami membuka prodi ini, sebagai bagian dari partisipasi USD untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan menggali nilai nilai yang ada dalam teks maupun sastra terutama sastra indonesia, sastra nusantara, dan sastra bandingan antara sastra indonesia, sastra nusantara dan luar negeri” papar Tim Universitas Sanata Dharma

Tim juga menjelaskan bahwa belum ada PTS yang menyelenggarakan prodi magister sastra di DIY.

Selanjutnya tim dari Yayasan Bakti Mulia Wisesa selaku Badan Penyelenggara Stikes Jogja memaparkan mengenai penyatuan Akper KBH ke Stikes jogja. Setelah proses penyatuan ini selesai, Stikes Jogja akan memiliki 2 prodi.

Presentasi terakhir dari Universitas Negeri Yogyakarta untuk pembukaan Prodi Pendidikan Matematika Program Doktor, Pendidikan Bahasa Indonesia Program Doktor, dan Prodi IPA Program Doktor.

Prodi – Prodi ini di klaim memiliki keunggulan pada aspek pengembangan keilmuan, capaian pembelajaran dan kurikulum dibandingkan prodi sejenis di perguruan tinggi lain.

Di akhir acara, rekomendasi langsung diberikan kepada dua pengusul yaitu Universitas Negeri Yogyakarta dan Universitas Sanata Dharma setelah hasil review tim LLDikti wilayah V menyatakan bahwa berkas telah lengkap. sedangkan Yayasan Bakti Wisesa masih harus melengkapi beberapa berkas dan belum bisa diberikan rekomendasi pada hari ini.

Kepala LLDikti Wilayah V berharap pembukaan prodi - prodi ini akan memberikan dampak positif pada pendidikan di Indonesia.