Pentingnya Kurikulum Sawit di Masa Mendatang

Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Ilmu Pertanian Indonesia (APTS-IPI) bekerjasama dengan Fakultas Agroindustri Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) melakukan kegiatan Forum Group Discussion (FGD) Kurikulum Sawit dan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Penyusunan Artikel Ilmiah Bereputasi pada Kamis (01/02/2024). Acara yang digelar di Ruang Seminar UMBY Kampus 1 Jalan Wates Km. 10 Yogyakarta ini memiliki serangkaian kegiatan seperti forum group discussion (FGD) kurikulum sawit, bimtek strategi penyusunan artikel ilmiah bereputasi, bimtek strategi percepatan jabatan fungsional, dan rapat tahunan APTS-IPI.

Acara dihadiri oleh Ketua Umum APTS-IPI, Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, M.P., Dr. Sri Gunawan, S.P., M.P., Direktur Akademik Komunitas Perkebunan Yogyakarta (AKPY-STIPER), Prof. Eko Priyo Purnomo S.IP., M.Si., M.Res., Ph.D., dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Prof. Ir. Sunardi, S.T., M.T., Ph.D., dari Universitas Ahmad Dahlan, Dr. Ir. Agus Slamet, S. TP., M.P., MCE., Rektor UMBY, Dr. Chatarina Lilis Suryani, S.TP., M.P., Dekan Fakultas Agroindustri UMBY, serta lebih dari 60 anggota APTS-IPI.

Dalam sambutannya, Rektor UMBY Dr. Ir. Agus Slamet, S. TP., M.P., MCE., menyampaikan bahwa harapannya dengan adanya APTS-IPI dapat memajukan prodi-prodi berumpun ilmu Pertanian supaya semakin meningkat dan diminati oleh kalangan muda sehingga ilmu yang didapatkan dibangku perkuliahan dapat diterapkan di dunia kerja khususnya dalam bidang sawit karena mendatang sektor sawit sangat berpeluang besar.

“Disamping itu Bimtek penyusunan artikel ilmiah yang dilakukan juga sangat penting untuk mempublikasikan hasil dari penelitian dan dapat meningkatkan jabatan fungsional dosen,” urai Agus Slamet.

Menurut Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, M.P., dalam rumpun ilmu bidang pertanian diharapkan ada satu semester yang khusus untuk mengkaji spesialisasi kelapa sawit, karena industri kelapa sawit yang nantinya oleh pemerintah akan dijadikan bahan bakar avtur untuk pesawat, dengan demikian prospek untuk sawit kedepannya akan sangat bagus.

“Dalam rumpun ilmu bidang pertanian, kami harapkan nantinya ada satu semester untuk mengkaji spesialisasi kelapa sawit karena prospek kelapa sawit kedepannya sangat bagus,” ungkap Paristiyanti.

Senada dengan Paristiyanti, Dr. Sri Gunawan, S.P., M.P, menjelaskan pentingnya menyiapkan SDM yang kompeten dan mengerti tentang pengelolaan perkebunan kelapa sawit sebelum membuat kurikulum sawit. Sri Gunawan melanjutkan bahwa pertanian kelapa sawit memiliki peluang besar dalam bidang riset.

Prof. Eko Priyo Purnomo S.IP., M.Si., M.Res., Ph.D, menjelaskan tentang syarat dalam melakukan penulisan artikel penelitian yang baik ialah penulisan harus didukung dengan penelitian yang mendalam, berkontribusi secara maksimal, original, serta tulisannya harus jelas.

Prof. Ir. Sunardi, S.T., M.T., Ph.D., juga menjelaskan tentang strategi dan program dalam percepatan jabatan fungsional akademik harus memiliki niat yang baik, motivasi yang tinggi, pendampingan program dan target, monitoring terkait progress, serta produktivitas yang tinggi.

Agenda terdekat pada bulan Oktober 2024 APTS-IPI akan mengadakan kongres APTS-IPI untuk pergantian kepengurusan baru.

 

Baca berita lainnya di mercubuana-yogya.ac.id/

 


BAGIKAN