Penyelenggaraan Upacara Peringatan Sumpah Pemuda ke-94 di LLDIKTI Wilayah V

Yogyakarta- Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah V Yogyakarta menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022 pada Jumat (28/10/2022). Dengan tema “Bersatu Bangun Bangsa”, upacara yang dimulai pada 07.30 WIB berlangsung secara sederhana namun khidmat di lapangan LLDIKTI Wilayah V.

Upacara dipimpin oleh Inspektur Upacara Kepala LLDIKTI Wilayah V Prof.drh. Aris Junaidi, Ph.D. dengan petugas upacara mahasiswa-mahasiswa Sekolah Tinggi Kedirgantaraan (STTKD) Yogyakarta, Akademi Kebidanan Mulia Madani dan beberapa pegawai LLDIKTI wilayah V.

Upacara tersebut juga dihadiri oleh 230 Dosen DPK di lingkungan LLDIKTI Wilayah V dan hampir seluruh pegawai LLDIKTI Wilayah V. Dalam amanat yang disampaikan oleh Inspektur Upacara sesuai Naskah Pidato Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali, disampaikan bahwa peran pemuda dalam memelopori membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Tema peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini adalah “Bersatu Bangun Bangsa” yang memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia.

Tema ini menjadi pengejawantahan nilai agung Sumpah Pemuda dalam konteks kekinian dan yang akan datang. Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan.

Sejarah telah menjelaskan bahwa, pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan. Saat ini para pemuda memiliki mandat untuk menjadikan nilai-nilai persatuan di atas segala-galanya. Pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan visi besar Indonesia Emas 2045, tetapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa.

Oleh karena itu, pembentukan ketangguhan bangsa melalui pembentukan karakter mulia dan pengembangan kompetensi dalam berbagai ranah keahlian dan dipadukan dengan senantiasa mengasah kreativitas dan inovasi adalah pekerjaan utama yang tidak boleh diabaikan oleh para pemuda Indonesia (RM/PH/SA).


BAGIKAN