LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI
WILAYAH V YOGYAKARTA
Jalan Tentara Pelajar Nomor 13 Yogyakarta
IKUTI KAMI
Artikel local_library Admin LLDIKTI visibility 11 kali
Perayaan Hari Lahir Pancasila di Sekolah Republik Indonesia di Tokyo
07 Jun
2021
Senin,07 Juni 2021

Meriahnya perayaan Hari Lahir Pancasila tidak hanya terasa di Indonesia. Beberapa sekolah Indonesia di negara lain juga melakukan hal sama, salah satunya di Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT) yang menyelenggarakan upacara peringatan tahun ini dengan mengangkat tema “Pancasila dalam Tindakan, Bersatu untuk Indonesia Tangguh” di Gedung Balai Indonesia, SRIT, Selasa (1/6). Dalam upacara tersebut, kepala SRIT mengajak warga Indonesia untuk mengamalkan Pancasila.

Dalam sambutan pembukaan upacara, Saidan selaku Kepala SRIT mengingatkan bahwa pada tanggal 1 Juni adalah hari lahir Pancasila yang mana merupakan peristiwa bersejarah bagi negara Indonesia.

Mengibaratkan sebagai konstruksi bangunan, Saidan menjelaskan bahwa gedung akan kuat kalau fondasinya kuat, sama halnya seperti negara Indonesia yang akan kuat karena memiliki dasar negara yang kuat, yaitu Pancasila.

“Oleh karena itu, marilah bersama-sama kita mengamalkan Pancasila serta menjaga kesatuan dan persatuan bangsa agar negara kita dapat menjadi negara maju yang adil, Makmur, aman, bahagia, dan sejahtera sesuai amanah undang-undang dalam bingkai NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, Pancasila, dan UUD 1945,” lanjut Saidan dalam sambutan dalam mengajak bangsa Indonesia untuk menerapkan Pancasila.

Ada beberapa rangkaian upacara diantaranya mengajak para peserta untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya, membaca teks Pancasila, membaca narasi sejarah hari lahir Pancasila, dan menyanyikan lagu nasional Garuda Pancasila dengan semangat yang dapat membangkitkan semangat berbangsa cinta tanah air. Akhir acara ditutup dengan pembacaan doa dan foto bersama dengan seluruh peserta untuk mengabadikan momen bersama.

Sumber:

https://itjen.kemdikbud.go.id/public/post/detail/perayaan-hari-lahir-pancasila-di-sekolah-republik-indonesia-di-tokyo