LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI
WILAYAH V YOGYAKARTA
Jalan Tentara Pelajar Nomor 13 Yogyakarta
IKUTI KAMI
Melawan Covid-19 local_library Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta visibility 197 kali
Percepat Herd Immunity, Unjaya Gelar Vaksinasi Massal
22 Okt
2021
Jumat,22 Oktober 2021

SLEMAN – Bertempat di Kampus 2 Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakatrta (Unjaya), dilaksanakan kegiatan gebyar vaksinasi massal yang diikuti oleh sivitas akademika dan masyarakat umum yang di buka langsung oleh Rektor Unjaya, Dr. Drs. Djoko Susilo, S.T., M.T., IPU., pada Kamis, (21/10). Kegiatan vaksinasi massal ini merupakan hasil kerja sama antara Unjaya dengan Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Daerah Istimewa Yogyakarta (BKKBN DIY), Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Sleman, dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kab. Sleman untuk mendukung percepatan program vaksinasi di lingkungan Kampus. Selain itu kegiatan gebyar vaksinasi ini merupakan  bagian upaya memberikan kekebalan kelompok (herd immunity) di lingkungan Kampus, sehingga Kampus dapat menyelenggarakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

Dalam sambutannya, Rektor Unjaya berharap dengan ikhtiar vaksinasi massal ini maka kekebalan kelompok (herd immunity) sivitas akademika dan masyarakat di lingkungan Kampus Unjaya dapat segera terbentuk, sehingga kegiatan PTM terbatas dapat dilakukan dengan aman dan nyaman. “Kegiatan vaksinasi massal ini merupakan salah satu implementasi nyata kerja sama antara Unjaya dan Perwakilan BKKBN DIY” lanjutnya. Sedangkan ditemui terpisah, Ketua Satuan Tugas Covid-19 Unjaya, Niko Wahyu Nurcahyo, S.T. menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakannya vaksinasi massal di lingkungan kampus selain untuk mencapai herd immunity/imunisasi kelompok di lingkungan kampus serta untuk melindungi masyarakat, kegiatan vaksinasi massal ini juga bertujuan untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat Covid-19, mengurangi transmisi/penularan Covid-19 di lingkungan kampus dan masyarakat, melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh, menjaga produktifitas dan meminimalkan dampak sosial dan ekonomi bisa segera tercapai, dan melindungi dan memperkuat seluruh sistem pendidikan dan kesehatan.

Kegiatan gebyar vaksinasi massal ini ditinjau langsung oleh Sekretaris Utama (Sestama) BKKBN Pusat, Drs. Tavip Agus Rayanto, M.Si., yang didampingi Kepala Perwakilan (Kaper) BKKBN DIY, Shodikin, S.H., M.M., dan Kepala Dinas P3AP2KB Kab. Sleman, Dra. Suci Iriani Sinuraya, M.Si, MM., yang berkenan melihat langsung kegiatan vaksinasi massal di Unjaya. [nk/kpp]