Pupuk Semangat Anak dalam Belajar Agama, KKN UAD Adakan Festival Anak Saleh

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Periode 119 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Unit XIII.D.1 mengadakan kegiatan Festival Anak Saleh dalam rangka meramaikan kegiatan Isra Mikraj di Dusun Cangkring, Kelurahan Poncosari, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul. Kegiatan ini digelar selama dua hari pada 10–11 Februari 2024.

Terdapat tiga kategori lomba pada kegiatan ini, yakni lomba azan, wudu, dan Cerdas Cermat Anak (CCA). Kegiatan yang digelar di Masjid Dzul Faqor itu mengusung tema “Menuju Generasi Rabbani” dan diikuti oleh anak-anak di Dusun Cangkring.

Agama merupakan fondasi dasar yang harus diberikan untuk generasi masa depan. Sejalan dengan hal tersebut, kegiatan ini bertujuan untuk memupuk kembali semangat anak-anak dalam belajar agama dengan serius mengingat agama merupakan pedoman hidup yang akan menuntun manusia selama berada di dunia maupun di akhirat.

Muhammad Dzikri Amrudin selaku ketua unit dalam sambutannya mengaku bahwa ia sangat senang melihat antusiasme anak-anak Dusun Cangkring mengikuti Festival Anak Saleh. Hal itu dibuktikan dengan kedatangan anak-anak sebelum waktu perlombaan. “Pada sebelum jam perlombaan anak-anak sudah menghampiri kami di posko dan datang duluan di masjid daripada kami. Diharapkan lomba ini bukanlah sebuah kompetisi tetapi bagaimanakah anak-anak dapat mendapatkan ilmu dari pelaksanaan lomba ini,” ungkapnya.

Selanjutnya, Ali selaku Ketua Takmir Masjid Masjid Dzul Faqor sangat mengapresiasi program kerja para mahasiswa KKN UAD yang menyasar anak-anak. Ia berharap bahwa dengan kegiatan ini, anak-anak akan lebih paham terkait dengan aturan dan syariat-syariat di agama Islam.

Kegiatan ditutup dengan penyerahan kado untuk pemenang seluruh lomba, yang dimulai dengan lomba azan, wudu, serta CCA. Yang tak kalah penting, pada penutupan ini semua anak-anak yang terlibat dalam perlombaan diberikan hadiah sebagai bentuk apresiasi dan menumbuhkan jiwa anak yang selalu optimis. (Lid)

uad.ac.id


BAGIKAN