Robert Setio, Guru Besar ke-7 Universitas Kristen Duta Wacana

Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta akhirnya menambah daftar jumlah Guru Besarnya. Pada Senin, 8 Mei 2023 di Lecture Hall Didaktos UKDW, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah V Yogyakarta menyerahkan Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI Nomor 20223/M/07/2023 tentang Kenaikan Jabatan Akademik Dosen kepada Pdt. Robert Setio, Ph.D sebagai Guru Besar atau Profesor dalam bidang Ilmu Teologi. Penyerahan SK Guru Besar ini disampaikan oleh Prof. drh. Aris Junaidi, Ph.D., Kepala LLDIKTI Wilayah V DIY kepada Dr. -Ing. Wiyatiningsih, S.T., M.T., Rektor UKDW, yang kemudian diteruskan kepada Pdt. Prof. Robert Setio, Ph.D.

Dalam sambutannya, Dr. -Ing. Wiyatiningsih, S.T., M.T. menyampaikan,”Peristiwa ini patut kita rayakan bersama, yang akan menginspirasi kita semua, terutama saya untuk tetap berjuang mendapatkan Guru Besar. Dan kita undang sebanyak-banyaknya dari Bapak-Ibu pimpinan supaya semuanya terinspirasi, supaya membangkitkan semangat bersama-sama, dan supaya tujuannya sebagai dosen adalah untuk meraih jenjang tertinggi dalam bidang akademis sebagai Guru Besar.” Wiyatiningsih juga menambahkan bahwa Robert Setio telah menambah satu angka dari deretan enam Guru Besar sebelumnya, sehingga sekarang UKDW memiliki tujuh Guru Besar, di mana lima di antaranya ada di Fakultas Teologia. “Semoga tahun ini akan bertambah lebih banyak lagi karena jumlah Guru Basar ada 7 dari total 213 dosen yang ada di UKDW, yaitu 3%. Terima kasih kepada LLDikti V yang selalu support dan mendukung Perguruan Tinggi – Perguruan Tinggi Swasta untuk meningkatkan prestasi dan kualitas dosen. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada LLDIKTI Wilayah V dalam mengawal proses untuk mendapatkan pencapaian ini. Di mana LLDIKTI Wilayah V sangat mendukung kita untuk bisa meningkatkan prestasi dan kualitas,” tuturnya.

Sementara itu, Prof. drh. Aris Junaidi, Ph.D., Kepala LLDikti Wilayah V menyampaikan bahwa total ada 13 dosen di UKDW berjabatan fungsional Lektor Kepala berlatar belakang Doktor. “Untuk itu, kami dorong khusus Doktor yang sudah bergelar Lektor Kepala untuk segera memproses pengajuan ke Guru Besar. Total jumlah Guru Besar di Perguruan Tinggi Swasta di lingkungan LLDikti Wilayah V saat ini sebanyak 137 dosen. Jadi kami di LLDikti sebagai layanan, maka berbagai kegiatan dalam rangka program percepatan Guru Besar akan terus kami lanjutkan dan kami pacu lebih cepat lagi, sehingga harapan bahwa jumlah Guru Besar saat ini dapat terus bertambah dan LLDikti Wilayah V akan selalu mengawal kamajuan para dosen yang sudah diusulkan. Pencapaian Guru Besar ini bukan berarti pencapaian yang sudah tertinggi dan berhenti, tapi justru sebaliknya bahwa yang harus diraih adalah bagaimana menjadi Guru Besar yang produktif. Ini yang selalu kami dorong karena tentu saja dengan tambahan jabatan tertinggi akademik ini tentu tugas besar untuk memajukan ekspertise-nya dan juga untuk memajukan fakultas dan universitas ditunggu banyak pihak karena dengan di standar Guru Besar ini tentu banyak tugas dan juga ada tugas khusus sebagai jabatan Guru Besar, sehingga tentu akan menambah semangat dan juga karya-karya, baik publikasi penelitian, ataupun pembimbingan bagi mahasiswa S2 ataupun S3." pungkasnya.


BAGIKAN