LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI
WILAYAH V YOGYAKARTA
Jalan Tentara Pelajar Nomor 13 Yogyakarta
IKUTI KAMI
Artikel local_library Perencanaan dan Penganggaran visibility 5833 kali
Saya Dosen PNS sedang Tugas Belajar, Bagaimana dengan Tunjangan Fungsional Saya?
13 Ags
2020
Kamis,13 Agustus 2020

Salah satu hal yang kerap menjadi pertanyaan bagi dosen yang menjalani tugas belajar adalah status tunjangan fungsionalnya. Apakah tunjangan tersebut tetap dibayarkan atau dihentikan sementara ?

Artikel ini bertujuan memberikan jawaban secara singkat atas pertanyaan tersebut disertai dengan regulasi yang berlaku. Semoga dengan penjelasan singkat ini dapat memberikan pemahaman baik bagi dosen yang menjalani tugas belajar maupun bagi pihak-pihak lain yang berkepentingan.

Regulasi yang Terkait

Berikut ini adalah regulasi yang terkait dengan Tugas Belajar :

  1. Peraturan Presiden RI Nomor 12 Tahun 1961 tentang Pemberian Tugas Belajar (Download)
  2. Keputusan Presiden RI Nomor 57 Tahun 1986 tentang Tunjangan Tugas Belajar bagi Tenaga Pengajar Biasa pada Perguruan Tinggi yang ditugaskan mengikuti Pendidikan pada Fakultas Pasca Sarjana (Download)
  3. Keputusan Menteri Pertama Nomor 224/MP/1961 tentang Peraturan Pelaksanaan tentang Pemberian Tugas Belajar di dalam dan di luar Negeri (Download)
  4. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 48 Tahun 2009 tentang Pedoman Pemberian Tugas Belajar bagi PNS di Lingkungan Departemen Pendidikan Nasional (Download)
  5. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor No 17 Tahun 2013 tentang Jabatan Fungsional Dosen dan Angka Kreditnya (Download)
  6. Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 39 Tahun 2007 tentang Tata Cara Permintaan, Pemberian, dan Penghentian Tunjangan Jabatan Fungsional (Download)
  7. Surat Edaran Kepala Badan Administrasi Kepegawaian Nomor 08/SE/1987 tahun 1987 tentang Tunjangan Tugas Belajar bagi Tenaga Pengajar Biasa pada Perguruan Tinggi yang ditugaskan mengikuti Pendidikan pada Fakultas Pasca Sarjana (Download)
  8. Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor No 04 Tahun 2013 tentang Pemberian Tugas Belajar dan Izin Belajar bagi Pegawai Negeri Sipil (Download)

 

Definisi Tugas Belajar

Merujuk pada Pasal 1 angka (1) Peraturan Presiden RI Nomor 12 Tahun 1961, Tugas belajar diberikan untuk menuntut ilmu, mendapat didikan atau latihan keahlian, baik di dalam, maupun di luar negeri, dengan biaya Negara atau dengan biaya sesuatu Pemerintah Negara Asing, sesuatu Badan International, atau sesuatu Badan Swasta Asing. Sejauh ini, Perpres tersebut (meskipun sudah sangat tua) masih berlaku dan selalu dirujuk oleh berbagai peraturan yang berkaitan dengan tugas belajar.

Kemudian dalam Pasal 1 angka (10) Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 48 Tahun 2009, yang dimaksud dengan Tugas belajar adalah penugasan yang diberikan oleh pejabat yang berwenang kepada PNS untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau yang setara baik di dalam maupun di luar negeri, bukan atas biaya sendiri, dan meninggalkan tugas sehari-hari sebagai PNS.

Jika melihat pada definisi tersebut, terdapat beberapa kondisi terkait Tugas Belajar, yakni :

  1. penugasan oleh Pejabat Berwenang kepada PNS untuk melanjutkan pendidikan
  2. di dalam maupun luar negeri
  3. bukan atas biaya sendiri
  4. meninggalkan tugas sehari-hari sebagai PNS

Nah, jika kita memenuhi kondisi-kondisi tersebut, maka berlaku ketentuan-ketentuan yang akan dijelaskan lebih lanjut.

Implikasi terhadap Tunjangan Fungsional Dosen

Bagaimana dengan pembayaran tunjangan fungsional dosen Saya ?

Kita lihat dalam Pasal 30 Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor No 17 Tahun 2013 tentang Jabatan Fungsional Dosen dan Angka Kreditnya, dosen dibebaskan sementara dari jabatannya, apabila :

  1. diberhentikan sementara dari PNS
  2. ditugaskan secara penuh di luar jabatan akademik dosen
  3. menjalani cuti di luar tanggungan negara
  4. menjalani tugas belajar lebih dari 6 (enam) bulan

Menilik ketentuan pada huruf (d), jika seorang dosen menjalani Tugas Belajar selama lebih dari 6 (enam) bulan, akan dibebaskan sementara dari jabatannya.

Kemudian, atas pembayaran tunjangan fungsionalnya, kita lihat dalam Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 39 Tahun 2007 tentang Tata Cara Permintaan, Pemberian, dan Penghentian Tunjangan Jabatan Fungsional. Dalam romawi III Penghentian Pembayaran Tunjangan Fungsional angka 2, terdapat ketentuan :

Khusus bagi pejabat fungsional yang dibebaskan sementara dari jabatannya karena tugas belajar untuk jangka waktu lebih dari 6 (enam) bulan, maka tunjangan jabatan fungsionalnya dihentikan terhitung mulai bulan ketujuh. Tunjangan jabatan fungsionalnya dapat dibayarkan kembali setelah diangkat dalam jabatan fungsional dan dinyatakan telah melaksanakan tugas kembali oleh pejabat yang berwenang.

Dari ketentuan tersebut, dapat kita pahami bahwa tunjangan fungsional dosen akan dihentikan mulai bulan ke tujuh dari awal masa studi.

Adapun bagi Dosen yang menjalani Tugas Belajar Dalam Negeri pada Fakultas Pasca Sarjana di Universitas/Institut Negeri yang ditetapkan dengan Keputusan Presiden, dapat diberikan Tunjangan Tugas Belajar sebesar Tunjangan Jabatan Dosen terakhir. Tunjangan Tugas Belajar tersebut mulai dibayarkan pada bulan ke tujuh sejak dinyatakan melaksanakan tugas belajar, berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Hal ini sesuai dengan Keputusan Presiden RI Nomor 57 Tahun 1986 tentang Tunjangan Tugas Belajar bagi Tenaga Pengajar Biasa pada Perguruan Tinggi yang ditugaskan mengikuti Pendidikan pada Fakultas Pasca Sarjana.

Dari penelaahan tersebut, dapat disimpulkan sebagai berikut :

  1. Dosen PNS yang menjalani Tugas Belajar Dalam Negeri, Tunjangan Fungsional dihentikan mulai bulan ke 7 dari awal masa studi
  2. Dosen PNS yang menjalani Tugas Belajar Dalam Negeri, Mendapat Tunjangan Tugas Belajar mulai bulan ke 7 dari awal masa studi setelah mendapat SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
  3. Dosen PNS yang menjalani Tugas Belajar Luar Negeri, Tunjangan Fungsional dihentikan mulai bulan ke 7 dari awal masa studi
  4. Tunjangan Jabatan Fungsional dapat dibayarkan kembali setelah diangkat dalam Jabatan Fungsional dan dinyatakan telah melaksanakan tugas kembali oleh pejabat yang berwenang

Semoga artikel singkat ini mampu menjawab pertanyaan seputar tunjangan fungsional bagi dosen DPK yang sedang menempuh tugas belajar. Insya Allah di tulisan selanjutnya akan diulas status pembayaran Tunjangan Profesi dan Tunjangan Kehormatan bagi dosen yang sedang menempuh tugas belajar.