Seminar Search and Recue (SAR) MAPALA Universitas Widya Mataram

Mahasiswa Pecinta Alam (Mapawima) Universitas Widya Mataram (UWM) menyelenggarakan kegiatan Seminar pada 31/10/2022 yang bertemakan Manajemen Posko SAR dalam Penanggulangan Bencana. Materi dalam acara tersebut disampaikan oleh Ahmad Rizkiansyah, S.Kom., M.Sc. dari BNPB Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Kegiatan ini dilaksanakan untuk menambah pengetahuan mahasiswa, khususnya anggota Mapawima, tentang Search And Rescue (SAR) dan kaitannya dengan penanggulangan bencana. Bencana hidrometerologi yang terjadi akhir-akhir ini khususnya curah hujan lebat, angin putting beliung, dan banjir menuntut peran serta aktif masyarakat dalam penanggulangannya. Peran serta masyarakat pada saat terjadinya bencana antara lain adalah melakukan evakuasi mandiri dan berpartisipasi dalam respon tanggap darurat sesuai dengan keahliannya.

Acara ini diharapkan akan meningkatkan kemampuan dan pemahaman para anggota Mapawima tentang respon tanggap darurat khususnya dan pengetahuan kebencanaan pada umumnya, sehingga nantinya para anggota Mapawima dapat berperan serta aktif dalam penanggulangan bencana.

 

Humas@UWM


BAGIKAN