SIARAN PERS - Ayo Kuliah di Jogja : LLDIKTI Wilayah V Meriahkan Semarak Merdeka Belajar di Museum Benteng Vredeburg

SIARAN PERS

Nomor : 0546/LL5-INT/HM.00.05/2024

Yogyakarta, 26 Mei 2024 – Museum Benteng Vredeburg kembali menjadi pusat perhatian dengan kegiatan edukatif dalam rangka memeriahkan Semarak Bulan Merdeka Belajar. Kolaborasi Perguruan Tinggi Negeri dan Satuan Kerja di bawah Kemendikbudristek yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta menyemarakkan semangat Merdeka Belajar, sembari memberikan kesempatan kepada masyarakat dan pelajar untuk menyusuri sejarah melalui pengetahuan yang menyenangkan dan interaktif.

Menyusuri Sejarah di Benteng Bersejarah
Benteng Vredeburg yang terletak di jantung kota Yogyakarta, memiliki nilai sejarah yang tinggi. Awalnya dibangun sebagai benteng pertahanan oleh Belanda pada abad ke-18, kini beralih fungsi menjadi museum yang menyimpan berbagai koleksi sejarah perjuangan Indonesia. Pada bulan Merdeka Belajar ini, museum tersebut bertransformasi menjadi pusat kegiatan edukatif yang menghubungkan masa lalu dan masa kini melalui berbagai program acara yang menarik.

Kolaborasi Edukatif Bersama LLDIKTI Wilayah V Yogyakarta 
Dalam rangka merayakan Bulan Merdeka Belajar, LLDIKTI Wilayah V menghadirkan berbagai kegiatan interaktif yang dirancang khusus untuk mengedukasi dan menginspirasi pengunjung. Salah satu sorotan utama dalam acara ini adalah pameran stand LLDIKTI Wilayah V yang diperkaya dengan pengetahuan seputar Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Yogyakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk membuat pengalaman belajar menjadi lebih hidup dan menarik.

LLDIKTI Wilayah V mengusung misi "Ayo Kuliah di Jogja" dalam acara pameran ini. Kampanye ini merupakan ajakan kepada masyarakat Indonesia untuk menjadikan Yogyakarta sebagai destinasi tempat menempuh pendidikan tinggi. Yogyakarta, yang dikenal sebagai kota pelajar, diharapkan dapat terus menjadi pusat pendidikan yang diminati. Melalui kampanye ini, LLDIKTI Wilayah V mendukung pengembangan konsep "Jogjaversitas" sebagai wadah Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), dengan tujuan mempertahankan serta meningkatkan animo masyarakat untuk berkuliah di Yogyakarta.

Sebagai satuan kerja di bawah Sekretariat Jenderal Kemdikbudristek yang juga dalam koordinasi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, LLDIKTI Wilayah V juga mendukung program unggulan Kampus Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) yang diselenggarakan oleh Kemdikbudristek. Dalam acara ini, LLDIKTI Wilayah V memperkenalkan MSIB Batch 7, yang akan menggait calon peserta magang dari berbagai kalangan sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. Melalui stand LLDIKTI Wilayah V, pengunjung dapat memperoleh informasi lengkap mengenai program ini dan peluang yang ditawarkannya.

Kepala LLDIKTI Wilayah V Yogyakarta, Prof. Setyabudi Indartono, MM., Ph.D mengatakan kegiatan Semarak Bulan Merdeka Belajar dirancang untuk membumikan program-program Kemendikbudristek secara luas di Provinsi DIY. 

“Cukup banyak kegiatan yang dilaksanakan di sini dan cukup banyak juga tayangan-tayangan yang ditunjukkan oleh setiap unit serta perguruan tinggi yang ada di daerah singgah Yogyakarta yang sangat bermanfaat buat kita semuanya dan mudah-mudahan ini akan mendorong dan menguatkn Merdeka Belajar” ujar Kepala LLDIKTI Wilayah V Yogyakarta. 

Selain informasi pendidikan, LLDIKTI Wilayah V juga menyediakan berbagai giveaway sebagai bentuk apresiasi dan semangat berbagi pengetahuan kepada pengunjung. Program ini tidak hanya bertujuan untuk mengedukasi, tetapi juga menginspirasi pengunjung agar lebih mengenal dan memahami sejarah serta perkembangan pendidikan di Yogyakarta.


Rangkaian Kegiatan yang Menginspirasi
Selama bulan Merdeka Belajar, Museum Benteng Vredeburg menawarkan berbagai kegiatan menarik yang dapat diikuti oleh semua kalangan. Beberapa kegiatan unggulan antara lain flashmob, jalan sehat, pameran karya, workshop jemparingan, talk show, gelar seni, penganugrahan merdeka, festival pencat silat, nobar film budaya, masih banyak kegiatan yang menarik lainnya. 
Dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan dan edukatif, acara ini diharapkan dapat membangkitkan semangat belajar dan kreativitas, serta menanamkan rasa cinta terhadap sejarah dan budaya bangsa. 
Semarak bulan Merdeka Belajar di Museum Benteng Vredeburg bersama LLDIKTI Wilayah V merupakan langkah nyata dalam upaya memajukan pendidikan dan menghidupkan kembali sejarah bangsa. Dengan berbagai kegiatan yang menginspirasi, diharapkan masyarakat dapat lebih menghargai pentingnya sejarah dan terus semangat dalam belajar. Mari kita terus mendukung program Merdeka Belajar dan jadikan setiap momen sebagai peluang untuk menambah pengetahuan dan memperkaya diri.

Urusan Keprotokolan, Kehumasan, dan Sekretariat Pimpinan
Bagian Umum
Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah V 


Laman : lldikti5.kemdikbud.go.id
Instagram : instagram.com/lldikti5
Facebook: facebook.com/lldikti5
X : twitter.com/lldikti5
Youtube : lldikti5

Pertanyaan dan Pengaduan
Whatsapp Official : 08112982558


BAGIKAN