Siaran Pers - LLDIKTI V Raih Predikat Zona Integritas Wilayah Bebas Dari Korupsi Tahun 2023

Nomor: 1227/LL5-INT/HM.00.005/2023

                    LLDIKTI V Raih Predikat Zona Integritas Wilayah Bebas Dari Korupsi Tahun 2023

 

Nusa Dua, Bali, 6 Desember 2023 – Pada penghujung tahun 2023, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah V Yogyakarta berhasil meraih penghargaan atas prestasinya dalam melaksanakan Reformasi Birokrasi dengan predikat Zona Integritas Wilayah Bebas Dari Korupsi (ZI-WBK) Tahun 2023 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan RB).

Penghargaan Zona Integritas diserahkan secara langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Bapak Abdullah Azwar Anas M.Si. kepada Kepala LLDIKTI Wilayah V Yogyakarta, Prof. drh. Aris Junaidi, Ph.D, pada kegiatan yang bertajuk “RB XPerience dan Penyerahan Hasil Evaluasi RB, AKIP, dan ZI Tahun 2023” bertempat di Bali Nusa Dua Convention Center, Rabu (6/12/2023). Total sebanyak 109 unit kerja agen pelopor perubahan birokrasi berpredikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) dengan rincian 85 unit kerja ditetapkan sebagai WBK dan 24 unit kerja mendapat predikat WBBM.

Dalam perhelatan yang mengusung tema “Dari Visi Menjadi Aksi, RB Berdampak untuk Indonesia Maju”, hadir pula Wakil Presiden RI, K.H. Ma'ruf Amin yang menyerahkan penghargaan kepada Pemerintah Daerah dengan implementasi RB Tematik terbaik dan predikat SAKIP terbaik serta Kementerian dan Lembaga Pendukung dalam pelaksanaan RB Tematik Tahun 2023. Kegiatan ini dihadiri oleh Menteri Kabinet Indonesia Maju, Kepala Lembaga, Gubernur, Walikota dan Bupati se-Indonesia.

ZI-WBK adalah predikat yang diberikan kepada unit kerja yang memenuhi kriteria dalam mengimplementasikan enam area perubahan program reformasi birokrasi serta telah mampu mencegah terjadinya korupsi, kolusi, dan nepotisme. Enam area perubahan tersebut meliputi 1) Manajemen Perubahan, 2) Penguatan Tata Laksana, 3) Penataan Sistem Manajemen SDM Aparatur, 4) Penguatan Pengawasan, 5) Penguatan Akuntabilitas, dan 6) Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.

 

Komitmen Mutu dan Integritas

Sesuai dengan kebijakan LLDIKTI Wilayah V untuk medapatkan predikat ZI WBK Tahun 2023,  LLDIKTI Wilayah V menetapkan berbagai core layanan unggulan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi layanan kepada stakeholder yang diintegrasikan dalam portal layanan satu data PANDAWA yang bertujuan memudahkan layanan dan mewujudkan satu data terintegrasi LLDIKTI Wilayah V.

 

LLDIKTI Wilayah V telah melalui berbagai tahapan untuk memperoleh penghargaan ZI-WBK, dimulai dari pendampingan hingga penilaian dari Tim Penilai Internal (TPI) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dan dilanjutkan dengan evaluasi Zona Integritas oleh Tim Penilai Nasional (TPN) Kemenpan RB. Setelah melalui tahapan wawancara serta kunjungan TPN Kemenpan RB ke kantor LLDIKTI V pada bulan Oktober 2023, LLDIKTI Wilayah V ditetapkan sebagai salah satu penerima Awardee ZI WBK Tahun 2023.

Prof. drh. Aris Junaidi, Ph.D menyatakan kebanggaannya atas pencapaian ini. "Menerima Penghargaan Zona Integritas adalah pengakuan terhadap upaya dan dedikasi kami yang terus-menerus untuk membina budaya integritas, kejujuran, dan perilaku etis dalam pendidikan tinggi. Predikat ZI WBK bukan hanya sebagai suatu penghargaan, tetapi juga sebagai tanda bahwa kami selalu berkomitmen untuk memberikan pelayanan pendidikan tinggi yang bermutu dan berintegritas."

 

Bagian Kehumasan, Keprotokolan, dan Sespim

LLDIKTI Wilayah V

 

Youtube : lldikti5

Tiktok     : lldikti5

Facebok : lldikti5

Instagram: lldikti5

Website : hppts://lldikti5.kemdikbud.go.id


BAGIKAN