LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI
WILAYAH V YOGYAKARTA
Jalan Tentara Pelajar Nomor 13 Yogyakarta
IKUTI KAMI
Berita PT local_library Universitas Ahmad Dahlan visibility 28 kali
Tausiah Menyongsong Milad Muhammadiyah Ke-112
22 Jul
2021
Kamis,22 Juli 2021

Persyarikatan Muhammadiyah pada 08 Zulhijah 1442 Hijriah (H) akan memasuki usia 112 tahun. Universitas Ahmad Dahlan (UAD) sebagai Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) yang bergerak pada bidang pendidikan turut memperingati dengan menyelenggarakan tausiah bersama Ustaz dr. K.H. Agus Taufiqurrahman, Sp.S., M.Kes. selaku Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah pada 17 Juli 2021 melalui Zoom Meeting.

Di usia abad kedua ini, Muhammadiyah senantiasa memegang teguh prinsip dan tujuannya. Muhammadiyah sebagai gerakan Islam moderat telah menjadi saksi perjuangan dari bangsa Indonesia. Tokoh-tokoh Muhammadiyah turut serta memberikan gagasan hingga mengorbankan nyawa demi memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia pada saat penjajahan.

“Jauh sebelum negara Indonesia berdiri, Muhammadiyah sudah terlebih dahulu menebar kebermanfaatan. Muhammadiyah menjadi saksi perjalanan bangsa ini. Muhammadiyah ikut serta berjuang untuk menggerakkan anak muda dalam memerdekakan bangsa. Muhammadiyah di abad kedua ini dihadapkan dengan sebuah peristiwa berupa wabah virus yang tidak terbayangkan sebelumnya,” terang Dr. H. Muchlas, M.T. selaku Rektor UAD saat memberikan sambutan.

Tantangan Muhammadiyah sekarang ini dihadapkan dengan situasi pandemi Coronavirus Diseases 2019 (Covid-19) yang tak kunjung menampakkan titik terang. Muhammadiyah sebagai gerakan amar ma’ruf nahi mungkar turut andil dalam mengatasi pandemi. Sebanyak 87 Rumah sakit (RS) milik Muhammadiyah digunakan sebagai tempat rawat pasien Covid-19. Muhammadiyah menyatakan kesiagaannya dalam menghadapi pandemi dengan mendirikan Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC), menyediakan shelter sebagai tempat isolasi, hingga memaksimalkan vaksinasi. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya ikhtiar dan bentuk kepedulian Muhammadiyah dalam mengatasi pandemi.

“Muhammadiyah semakin signifikan dalam ikut serta memajukan bangsa Indonesia. Kader Muhammadiyah harus senantiasa meneguhkan perjuangan dengan beristikamah dalam menjalankan fungsi dan tugas persyarikatan. Begitu pula dengan UAD yang berkonsentrasi pada pendidikan tinggi guna memberikan kontribusi dalam meningkatkan ilmu pendidikan sebagai upaya peningkatan persyarikatan dan bangsa dalam taraf global,” pungkas Muchlas. (Chk)