Teknik Elektro Universitas Ahmad Dahlan Gelar Workshop World Class Professor

Program Studi (Prodi) Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan Workshop Webinar World Class Professor 2022 pada Selasa, 29-11-2022. Kegiatan digelar secara daring melalui Zoom Meeting dan diikuti oleh 130 dosen baik dari UAD maupun perguruan tinggi lain di Indonesia.

Dalam pelaksanaannya, Teknik Elektro UAD bekerja sama dengan Embedded Systems and Power Electronics Research Group (ESPERG) dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Tema yang diusung adalah “Electrical Drive Systems Simulation Using MATLAB/Simulink”. Turut hadir sebagai narasumber yaitu Prof. Nik Rumzi Nik Idris, Ph.D. dari School of Electrical Engineering, Universiti Teknologi Malaysia.

Sesuai dengan tema, Prof. Nik Rumzi membahas tentang electrical drive system atau sistem kendali elektrik dan kaitannya dengan software MATLAB/Simulink untuk simulasi. Pengaplikasian sistem kendali elektrik sudah banyak dilakukan dan salah satu yang cukup diminati saat ini adalah kendaraan listrik. Ia juga menyampaikan tentang isu dan tren perkembangan teknologi pada kendaraan listrik. Sekaligus melakukan demo cara memodelkan dan menyimulasikan kendaraan listrik menggunakan MATLAB/Simulink.

Tole Sutikno, S.T., M.T., Ph.D. selaku penanggung jawab kegiatan mengungkapkan rasa syukurnya karena workshop dapat terselenggara secara lancar. “Dengan digelar secara maraton yaitu 2 hari pada 29?30 November 2022, kami menghadirkan narasumber dengan tema yang berbeda,” terangnya. Melalui kegiatan tersebut, diharapkan para peserta dapat terinspirasi dari materi yang disampaikan oleh narasumber. (tsa)

uad.ac.id


BAGIKAN