Tim PkM UMBY Lakukan Pengembangan dan Pelatihan SIMPEG di SMK Ma’arif 1 Temon

SMK Ma’arif 1 Temon merupakan salah satu Sekolah Menengah Kejuruan swasta dengan 3 program keahlian yaitu Akuntansi dan Keuangan Lembaga, Farmasi Klinis dan Komunitas, serta Rekayasa Perangkat Lunak yang berlokasi di JL. Raya Wates Purworejo, RT/RW : 27/13, Dusun Kaliwangan, Desa Temon Wetan, Kec. Temon, Kab. Kulon Progo, Prov. D.I. Yogyakarta.

Walaupun memiliki resource dan salah satu keahlian di bidang Teknologi Informasi (TI),  tetapi sekolah ini belum memiliki Sistem Informasi Kegegawaian (SIMPEG). Hal ini didukung juga dari wawancara yang dilakukan dengan Uji Wardoyo, S.Kom., dan Yudwi Antoro Wibowo, S.Si., pada saat analisis kebutuhan.

“Saat ini, rekapitulasi data pegawai di SMK Ma’arif 1 Temon masih menggunakan bantuan Microsoft Excel,” terang Yudwi.

Melihat kondisi tersebut, tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) berinisiatif mewujudkan implementasi Sistem Kepegawaian (SIMPEG) sekaligus melakukan transfer knowledge pada guru-guru di SMK Ma’arif 1 Temon.

Tim PkM ini terdiri dari 2 dosen yaitu A. Sidiq Purnomo, S.Kom., M.Eng., MCE., MCF., dan Anief Fauzan Rozi, S.Kom., M.Eng., MCE., MCF., serta beranggotakan, serta 2 mahasiswa yaitu Moch Rizal Herdiansyah dan Ahmad Baehaqi.

Kegiatan pengabdian pembuatan dan pelatihan administratif SIMPEG ini, telah disesuaikan dengan masterplan pengembangan ICT SMK Ma’arif 1 Temon, yang telah dilaksanakan pada bulan September 2021.

Program ini juga melanjutkan pengabdian sebelumnya, yaitu pembuatan dan pelatihan sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang dapat diakses melalui alamat  https://ppdb.maarif1temon.sch.id pada tahun 2022 dan website portal sekolah yang dapat diakses melalui alamat https://maarif1temon.sch.id pada tahun 2021.

Kegiatan yang dilakukan sejak bulan April 2023 ini dibagi menjadi beberapa tahapan proses yang dilakukan, antara lain seperti proses inisiasi, analisis, perancangan, pembuatan program, pengujian, implementasi, serta training dan pendampingan dalam penggunaan aplikasi SIMPEG.

Sedangkan untuk proses serta training dan pendampingan dalam penggunaan aplikasi SIMPEG sendiri dilakukan secara offline dan online yang dibagi menjadi 2 (dua) tahapan, yaitu pada hari Sabtu (25/05/2023) dan Jum’at (10/11/2023).

Anief Fauzan Rozi, S.Kom., M.Eng., MCE., MCF., selaku anggota dari Tim PkM sekaligus Dekan Fakultas Teknologi Informasi (FTI) UMBY menyampaikan, bahwa implementasi SIMPEG di SMK Maárif 1 Temon merupakan langkah inovasi yang tepat dan merupakan salah satu inisiatif dalam rangka turut mendorong gerakan transformasi digital di dunia pendidikan.

“Dengan digitalisasi SIMPEG ini, diharapkan dapat memudahkan rekapitulasi pegawai, profil pegawai, beban kerja dan penilaian kinerja pegawai di SMK Ma’arif 1 Temon,” tutur Anief.

Senada dengan Anief, A. Sidiq Purnomo, S.Kom., M.Eng., MCE., MCF., selaku ketua Tim PkM menyampaikan bahwa, aplikasi SIMPEG ini juga dapat membantu meringankan pekerjaan bagian Sumber Daya Manusia (SDM) atau Tata Usaha.

“Selain kemudahan akses, nantinya sistem ini kedepannya juga dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam melakukan manajemen kepegawaian di SMK Ma’arif 1 Temon,” jelas Sidiq.

Sistem Informasi Kepegawaian (SIMPEG) secara resmi dilaunching oleh Anwar Syaifudin, S. Ag., selaku Wakil Kepala Urusan Kesiswaan SMK Ma’arif 1 Temon pada hari Jum’at (10/11/2023). Kegiatan yang berlangsung secara online melalui aplikasi google meet ini dihadiri oleh guru SMK Ma’arif 1 Temon dan Tim PkM UMBY.

Dalam sambutannya, Anwar Syaifudin, S. Ag., selaku selaku Wakil kepala Urusan Kesiswaan SMK Ma’arif 1 Temon juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Tim PkM UMBY yang telah memberikan bantuan dan pendampingan selama ini.

“Terimakasih kepada UMBY khususnya tim PkM FTI yang telah benar-benar memperhatikan kemajuan sekolah kami. Pengembangan IT di sekolah memang sangat kami butuhkan, website company profile dan PPDB yang telah dikembangkan sebelumnya juga sudah digunakan dan dimanfaatkan dengan baik,” terang Anwar.

“Semoga kerja sma berjalan dengan baik, bisa berlangsung lama, dan bermanfaat baik itu bagi sekolah kami maupun UMBY,” imbuhnya.

 


BAGIKAN