Tingkatkan Peluang Ekonomi, KKN 35 UMBY Latih Buat Sosis Tahu Warga Semanu

Kelompok 35 Kuliah Kerja Nyata Program Pengabdian Kepada Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) angkatan XLIV mengajak warga padukuhan Wareng Kalurahan Semanu Kecamatan Semanu Kabupaten Gunungkidul mengelola potensi makanan olahan tahu menjadi peluang ekonomi. Kegiatan ini diikuti oleh 30 orang dari KWT, PKK, dan Karang Taruna Padukuhan Wareng, yang dilaksanakan di Balai Padukuhan Wareng, Minggu (28/01/2024).

 

Saat ini, tahu menjadi salah satu sumber penghasilan masyarakat setempat karena terdapat beberapa produsen tahu di Padukuhan Wareng. Mahasiswa melihat warga setempat belum memaksimalkan pemanfaatan potensi dan peluang untuk meningkatkan penghasilan. Olahan tahu yang ada di Padukuhan Wareng hanya diolah standar. Sehingga perlu sentuhan yang menarik untuk diolah dengan cara yang berbeda agar dapat menjadi peluang usaha tersendiri.

 

"Kami mengajak ibu-ibu mengolah produk tahu menjadi sosis tahu, agar berbeda dari yang biasanya harapannya olahan ini dapat membuka peluang usaha sehingga akan meningkatkan pendapatan warga setempat," terang Ketua Kelompok 35, Marischa mahasiswi Fakultas Ilmu Komunikasi dan Multimedia Prodi Ilmu Komunikasi.

 

Tim KKN 35 menggelar pelatihan cara memasak sosis tahu. Bahan-bahan yang digunakan seperti tepung tapioka, terigu, telur, bumbu penyedap rasa dan bahan dasar tahu. Sementara itu, alat yang dibutuhkan yaitu blender, kompor, wajan, dan piring. Disamping itu, para peserta turut terjun praktek membuat sosis tahu secara langsung.  Diakhir kegiatan tim KKN-PPM juga memberikan hasil olahan sosis tahu kepada peserta kegiatan untuk dibawa pulang.

 

Gayung bersambut, pelatihan dari tim KKN 35 mendapatkan antusias dari para peserta.

“Saya akan mencoba resep inovasi ini di rumah, bisa juga nanti dijadikan sop sosis tahu. Selain sebagai hidangan makanan yang bervariasi, hal ini semoga mampu menjadi peluang usaha baru bagi warga Wareng,” ujar Atin selaku ketua KWT Padukuhan Wareng.

 

Dosen Pembimbing Lapangan Ir. Ajat Sudrajat, S.Pt., M.Pt., IPP., menjelaskan bahwa kegiatan ini menjadi salah satu program kerja pada bidang ekonomi yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN-PPM 35 UMBY yang terdiri dari 10 mahasiswa lintas jurusan. Melalui program kerja tersebut, diharapkan menjadi peluang usaha baru bagi warga Dusun Wareng sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan.


BAGIKAN