UAD Teken MoU dengan BAPETEN RI

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dan Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) Republik Indonesia melakukan penandatanganan nota kesepahaman untuk menjalin kerja sama pada Senin, 23 Mei 2022 bertempat di Gedung Utama Kampus IV UAD. Acara dihadiri oleh pimpinan UAD, rombongan dari BAPETEN RI, dan beberapa dosen UAD.

Proses penandatanganan dilakukan oleh Rektor UAD Dr. Muchlas, M.T., dengan Kepala Plt. BAPETEN RI Ir. Sugeng Sumbarjo, M.Eng. Dilanjutkan dengan penandatanganan kedua yang dilakukan oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Terapan (FAST) Imam Azhari, S.Si., M.Cs. Kerja sama nantinya akan berfokus pada pengembangan inovasi yang dilakukan UAD serta FAST di Program Studi (Prodi) Fisika pada khususnya.

Fisika, sebagai salah satu prodi unggulan di lingkup FAST, terus melakukan langkah-langkah strategis untuk melakukan inovasi. Salah satunya adalah melalui unit bisnis yang dikembangkan oleh prodi yaitu PT Adi Multi Kalibrasi, sebuah badan usaha dengan produk utama layanan jasa kalibrasi dan uji alat kesehatan. Dengan kegigihannya, PT Adi Multi Kalibrasi kini telah menjelma menjadi sebuah usaha yang besar bahkan mampu mendatangkan keuntungan yang besar baik bagi pihak prodi, fakultas, maupun universitas.

Dalam sambutannya, Rektor UAD menyampaikan harapannya bahwa kerja sama ini akan menjadi satu dari langkah sinergis untuk kemajuan UAD. Dengan ditandatanganinya kerja sama ini, maka diharapkan simbiosis mutualisme akan tercipta antara UAD dan BAPETEN RI, tambah Muchlas. Keuntungan dan peningkatan mutu terutama dalam sektor Sumber Daya Manusia (SDM) akan menjadi poin penting dari hasil kerja sama ini.

Hal serupa juga dikemukakan oleh Sugeng Sumbarjo, Kerja sama ini penting untuk memperkaya data kami, yang nantinya UAD akan menjadi sistem pendukung. Ia menambahkan bahwa setelah proses tanda tangan di atas kertas, nantinya akan disusun matriks yang berisi rencana-rencana strategis yang akan dilakukan. (tsa)


BAGIKAN